Ragam Cara Menjerat Trump di Pengadilan, Upaya Terakhir Sebelum Pilpres AS!

Ragam Cara Menjerat Trump di Pengadilan, Upaya Terakhir Sebelum Pilpres AS!

Kandidat Presiden dari Partai Republik, mantan presiden AS, Donald Trump berbicara di II Toro E La Capra pada 23 Agustus 2024 di Las Vegas, Nevada.--getty images

Dakwaan revisi setebal 36 halaman ini, sembilan halaman lebih pendek dari aslinya, sangat bergantung pada kesaksian dan bukti dari para saksi. Beberapa diantaranya kebanyakan berada di luar pemerintahan federal. 

BACA JUGA:Menyerahkan Diri, Donald Trump Tak Ditahan dengan Jaminan Rp 3 Miliar

Mantan Ketua DPR Arizona Rusty Bowers,masuk dalam rentetan saksi. Menurut dakwaan tersebut Bowers ditekan oleh Trump dan rekan konspiratornya. Bowers diminta  untuk mengadakan sesi khusus guna menyidangkan pernyataan palsu tentang kecurangan pemilih.

Kasus ini adalah salah satu dari empat tuntutan pidana yang dihadapi Trump, yang semuanya tertunda selama berbulan-bulan sementara Trump mengajukan klaim kekebalannya.

Keputusan Mahkamah Agung dengan suara 6-3 didukung oleh mayoritas konservatif, termasuk tiga hakim yang dicalonkan oleh Trump sendiri.

Pada bulan Mei, Trump dinyatakan bersalah oleh juri New York atas pemalsuan dokumen untuk menutupi pembayaran uang tutup mulut kepada seorang bintang film dewasa.

Dia dijadwalkan akan dijatuhi hukuman pada 18 September meskipun telah meminta hakim untuk menunda hukuman hingga setelah pemilihan umum 5 November.

BACA JUGA:Sidang Pidana Trump Ditunda Terkait Dakwaan Penyuapan, Setidaknya Bulan April Hingga Hakim Memutuskan

Langkah Jack Smith ini diambil menjelang tenggat waktu Jumat, di mana kantornya dan pengacara Trump harus mengusulkan jalan ke depan dalam kasus subversi pemilu setelah putusan kekebalan Mahkamah Agung.

*)Mahasiswa Politeknik Negeri Malang, Mahasiswa Magang Regular Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters