GP Aragon: Marc Marquez Catat Rekor Laptime di Latihan Bebas, Tapi Waspadai Bagnaia

GP Aragon: Marc Marquez Catat Rekor Laptime di Latihan Bebas, Tapi Waspadai Bagnaia

GP Aragon: Marc Marquez catat rekor laptime di latihan bebas. Foto: Marc Marquez memantau latihan di motorhome Gresini pada Jumat, 30 Agustus 2024.-Pierre-Philippe Marcou-AFP

Panjangnya waktu practice race (60 menit), membuat pembalap lebih berhati-hati menentukan kombinasi ban yang tepat. Karena kompon ban soft akan mempercepat ban kehabisan grip.

Jalannya Latihan Bebas GP Aragon


GP Aragon: Marc Marquez catat rekor laptime di latihan bebas. Foto: Marc Marquez ketika menjalani free practice pada Jumat, 30 Agustus 2024.-Pierre-Philippe Marcou-AFP

Pada 15 menit pertama, Marc Marquez masih jadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 47,242 detik. Atau 1 detik lebih cepat dari waktunya saat latihan bebas Jumat pagi.

Tapi Brad Binder dan Jack Miller dari tim Red Bull-KTM Factory terus menempel catatan waktu Marc Marquez. Hingga menit ke-28, Binder dan Miller terus mendekati Marquez. Padahal, Marquez sudah mempertajam waktunya jadi 1 menit 46,954 detik.

Marquez pun masuk ke pit stop pada menit ke-30. Ia kembali masuk lintasan 10 menit kemudian dengan menggunakan kombinasi ban medium-medium dengan kompon medium.

BACA JUGA:Repsol Honda Uji Coba Singkat di Misano, Langkah Penting Menuju RC213V 2025

BACA JUGA:Markas Honda Pindah Milan untuk Sambut Fabiano Sterlacchini

Sepertinya, Marc Marquez sedang menata risetnya terkait kombinasi ban yang akan dipakai untuk kualifikasi dan Sprint Race pada Sabtu, dan balapan Minggu.

Nah, kejutan datang dari Johann Zarco (LCR Honda). Ia bisa menempel catatan waktu Marc Marquez pada menit ke-42. Menit ke-48, giliran Pedro Acosta (Red Bull-GASGAS-Tech3) dan Maverick Vinales (Aprilia) yang mendekat Marc Marquez.

Menit ke-50, Jorge Martin (Pramac Racing) memimpin catatan waktu dengan torehan 1 menit 46,666 detik. Marc Marquez kembali jadi yang tercepat semenit kemudian, waktu tercepat dengan 1:46,383.

Menit ke-57, giliran Aleix Espargaro (tim Aprilia Racing Factory) memimpin catatan waktu tercepat dengan 1 menit 46,073 detik.


GP Aragon: Marc Marquez catat rekor laptime di latihan bebas. Foto: Aleix Espargaro menempel catatan waktu Marquez di free practice Jumat, 30 Agustus 2024. -Pierre-Philippe Marcou-AFP

Tapi, bukan Marc Marquez kalau tidak melawan hingga akhir. Ia kembali memimpin waktu tercepat ketika sesi latihan bebas hanya menyisakan dua menit. Ia mencatatkan rekor baru laptime 1 menit 45, 801 detik.

BACA JUGA:MotoGP 2025-2026: Thailand Gantikan Qatar Sebagai Seri Pembuka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber