716 Kendaraan Listrik Disiapkan PLN Jelang Indonesia Africa Forum (IAF) 2024 di Bali

716 Kendaraan Listrik Disiapkan PLN Jelang Indonesia Africa Forum (IAF) 2024 di Bali

Potret SPKLU yang terpasang di Parkir ITDC Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali dimanfaatkan untuk pengisian daya kendaraan delegasi dan operasional kegiatan KTT IAF.--Website Kemenparekraf/ ANTARA/HO-Humas PLN UID Bali.

HARIAN DISWAY - PT PLN (Persero) menyiapkan ratusan kendaraan listrik sebagai kendaraan resmi selama kegiatan High-Level Forum on Multistakeholder Partnership (HLF-MSP) 2024 dan Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 mendatang.

Sebanyak 716 unit kendaraan listrik akan digunakan dalam pertemuan internasional tersebut.

Adapun pihak PLN telah memastikan kesiapan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di empat lokasi yakni di sekitar Hotel Kempinski dan di kawasan ITDC Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Gede Agung Sindu Putra menjelaskan, untuk mendukung mobilitas 479 mobil listrik berbagai tipe serta 237 motor listrik, PLN akan menyediakan SPKLU sebanyak 52 unit.

BACA JUGA:Ini Tahapan Pengajuan Pencairan BOS Madrasah Tahap II hingga Oktober 2024

Antaranya adalah 12 unit bertipe Ultra Fast Charging (UFC), 20 unit SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) Gen 2 yang masing-masing memiliki 6 socket, serta 20 unit SPKLU bertipe standard charging.

“Untuk SPKLU di lokasi ITDC 1 dan SPKLU yang berada di kawasan Hotel Kempinski merupakan SPKLU yang telah terbangun sebelumnya. Tim PLN telah memastikan SPKLU tersebut beroperasi normal,” ucap Sindu.

Sedangkan untuk dua lokasi lainnya yakni ITDC 2 dan di sekitar Tragia, Nusa Dua, telah rampung 100 persen pengerjaannya dan saat ini sudah difungsikan.

BACA JUGA:Kerja Sama KAI-INKA dan CRRC Qingdao Sifang, Komitmen Kembangkan Sarana Perkeretaapian RI

Dalam mengantisipasi adanya kebutuhan yang tidak diprediksi, Sindu mengatakan bahwa PLN juga menyediakan SPKLU Mobile yang bisa difungsikan sewaktu-waktu bila dibutuhkan.

PLN membangun infrastruktur pendukung yaitu aplikasi yang terintegrasi dengan masing-masing SPKLU, sehingga dapat memudahkan petugas dan pengemudi untuk mengisi ulang daya kendaraan listrik.

Sindu pun yakin dengan performa personel PLN untuk melayani acara internasional kali ini. Sebanyak 57 personel akan diterjunkan sebagai petugas yang mengoperasikan SPKLU pada HLF-MSP & IAF ke 2 2024.

BACA JUGA:Penuhi Target Zero Waste, Multi Bintang Indonesia Gandeng Wehasta Bikin TPS3R Lagi

“PLN telah memiliki sederet pengalaman dalam mengawal kesuksesan perhelatan event internasional termasuk memastikan penggunaan kendaraan listrik baik yang diperuntukkan bagi delegasi, operasional maupun untuk pengamanan telah terbukti andal,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: