Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: KANGGO RIKO Desa Sepanjang, Solusi Pemberdayaan UMKM

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: KANGGO RIKO Desa Sepanjang, Solusi Pemberdayaan UMKM

Kepala Desa, babinsa, dan bhabinkamtibmas Desa Sepanjang sedang melihat realisasi program KANGGO RIKO yang diberikan kepada pelaku usaha sayur keliling--

HARIAN DISWAY - Desa Sepanjang memiliki program unggulan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bernama KANGGO RIKO. Program ini dirancang khusus untuk mendukung masyarakat yang menjalankan usaha industri dan perdagangan skala kecil. 

KANGGO RIKO jika dalam Bahasa Indonesia berarti ‘Untuk Anda”  telah menjadi salah satu program unggulan Desa Sepanjang karena hasilnya yang nyata dalam membantu para pelaku usaha perorangan. 

Menurut Kepala Desa Sepanjang Rojikin, program KANGGO RIKO memberikan bantuan kepada usaha kecil yang ada di desa. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Pilar Kelurahan Karangpacar Gelar Lomba Agustusan

"Kanggo Riko adalah program bantuan untuk usaha kecil. Di Desa Sepanjang ini, banyak warga yang memiliki usaha dan membutuhkan perhatian pemerintah. Kami berinisiatif memberikan bantuan berupa peralatan kerja seperti gerobak atau bantuan stimulan agar mereka lebih berdaya," ujar Rojikin.

Di Desa Sepanjang, usaha kecil seperti mlijo (penjual sayur keliling) telah berkembang pesat. "Pasar daerah Glenmore di Desa Sepanjang ini dulunya menjadi rujukan belanja masyarakat dari tujuh desa di Kecamatan Glenmore. Namun, sekarang orang tidak perlu lagi ke pasar. Mereka cukup menunggu di rumah dan para mlijo menawarkan bahan kebutuhan konsumsi," tambah Rojikin.

Desa Sepanjang juga dikenal sebagai lokasi yang diminati oleh pengembang properti sejak 20 tahun yang lalu. Kini, banyak perumahan seperti Grisepin, Perumahan RW 7 Sepanjang Kulon, Partika Resident, dan lainnya. Perumahan tersebut dihuni oleh warga pendatang yang terbiasa berbelanja dari mlijo

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Kirim Doa Desa Sidobandung Jadi Sarana Beri Imbauan Bhabinkamtibmas

Dengan semakin banyaknya mlijo di Desa Sepanjang, masyrakat Desa Sepanjang juga terbantu dengan mudahnya menjangkau pembelian bahan pokok sehari-hari. Usaha ini dianggap menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Oleh karena itu, Kades Sepanjang memprioritaskan pemberdayaan melalui bantuan kepada para mlijo.

Program KANGGO RIKO tidak hanya diperuntukkan bagi mlijo, tetapi juga untuk usaha kecil lainnya. Usaha tersebut mencakup hingga penjual jajanan gorengan, industri kerupuk, keripik singkong, bakso, dan usaha-usaha kecil lainnya. 

Selama dua tahun terakhir, program ini telah membantu 30 UMKM dengan nominal bantuan per usaha sebesar Rp. 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah).

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Pilar Desa Sidobandung Imbau Langen Tayub Bebas Miras

Supiyati, seorang pedagang mlijo di Desa Sepanjang, mengungkapkan rasa syukur atas bantuan yang diterimanya. "Saya bangga kepada Pak Rojikin yang telah membantu kami. Bahkan mlijo dari desa lain iri karena saya mendapat bantuan. Ya, saya suruh mereka bertanya kepada Pak Kadesnya," ujarnya.

Ke depannya, Pemerintah Desa Sepanjang akan tetap memberikan bantuan yang sama kepada usaha-usaha lain secara bergantian. Rojikin menambahkan, "Bantuan ini selain saya berikan kepada usaha kecil, saya bersama para babin (bhabinkamtibmas dan babinsa) juga memantau bagaimana penerima bantuan di lingkungan. Apabila dia berkelakuan baik, maka kami prioritaskan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: