Cara Menghentikan WhatsApp yang Disadap dengan Mudah dan Aman

Cara Menghentikan WhatsApp yang Disadap dengan Mudah dan Aman

Cara Menghentikan WhatsApp yang Disadap dengan Mudah dan Aman--Unsplash

Pastikan aplikasi WhatsApp kamu selalu diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan biasanya membawa perbaikan keamanan yang bisa melindungi akun pribadi Anda dari potensi penyadapan.

BACA JUGA:Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus, Auto Berhasil...

Cek di Google Play Store atau Apple App Store apakah ada pembaruan yang tersedia. Segera lakukan pembaruan jika ada.

Periksa Aplikasi yang Mencurigakan

Kadang-kadang, penyadapan dilakukan melalui aplikasi pihak ketiga yang diinstal di ponsel. Periksa daftar aplikasi yang terpasang, kemudian hapus aplikasi yang tidak dikenal atau mencurigakan. Aplikasi yang mencurigakan kerap memiliki nama yang mirip dengan aplikasi populer atau memiliki logo yang sama.

BACA JUGA:WhatsApp Rilis Fitur Kunci Sandi, Login tak Perlu Kode OTP

Reset Ponsel ke Pengaturan Pabrik

Jika Anda merasa bahwa ponsel sudah terlalu terinfeksi oleh aplikasi berbahaya, pertimbangkan untuk mereset ponsel ke pengaturan pabrik. Langkah itu akan menghapus semua data dan aplikasi yang ada di ponsel.

Termasuk aplikasi mata-mata yang mungkin digunakan untuk menyadap WhatsApp. Namun, sebelum melakukan itu, pastikan telah mencadangkan data penting.

Langkah Pencegahan Agar WhatsApp Tidak Disadap


Berikut adalah cara untuk pencegahan penyadapan WhatsApp --Pixabay

Setelah berhasil menghentikan penyadapan, penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan agar kejadian itu tidak terulang. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

BACA JUGA:WhatsApp Menguji Fitur untuk Bisa Tahu Kontak Mana yang Online

Jangan Sembarangan Membagikan Kode OTP

Kode OTP (One-Time Password) adalah salah satu cara paling umum untuk mengambil alih akun WhatsApp. Jangan pernah membagikan kode OTP kepada siapa pun. Bahkan jika orang tersebut mengaku dari pihak WhatsApp. Kode itu hanya boleh diketahui oleh Anda saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: