Polemik E Materai, Puan Minta Pemerintah Tak Mempersulit Pendaftaran CPNS

Polemik E Materai, Puan Minta Pemerintah Tak Mempersulit Pendaftaran CPNS

Ketua DPR RI Puan Maharani-Dok. DPR RI-

HARIAN DISWAY - Ketua DPR RI Puan Maharani pada Jumat, 6 September 2024 meminta agar pemerintah tidak mempersulit proses pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan mensyaratkan regulasi baru, yakni penggunaan e-materai.

Puan tidak sepenuhnya menolak e-materai. Menurutnya, transisi baru dari materai kertas itu merupakan inovasi bagus dalam bidang teknologi di zaman kali ini.

Akan tetapi, cucu Founding Father Indonesia, Soekarno itu berharap digitalisasi tersebut dapat dipersiapkan dengan baik sebelum diterapkan di masyarakat.

Mengingat pembelian e-materai di bawah naungan pihak Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) itu kurang efektif karena justru menghambat para pendaftar di saat waktu pendaftaran hampir habis.

“Jangan karena masalah teknis lantas bibit-bibit SDM unggul jadi tidak punya kesempatan. Kemudahan pendaftaran CPNS tujuannya agar negara dapat menjaring sebanyak mungkin putra-putri terbaik bangsa dari seluruh Indonesia untuk menjadi calon ASN,” ujar Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu.

BACA JUGA:Buntut Erornya E-materai, BKN Perbolehkan CASN Menggunakan Materai Tempel

Puan juga menyoroti bagaimana nasib para pendaftar yang tidak memiliki akses internet yang memadai sebagai dampak negatif lainnya dari penerapan e-materai yang tidak dibarengi dengan kesiapan teknis yang matang ini.

Oleh karena itu, perempuan pertama yang menyandang posisi ketua DPR ini menyokong adanya evaluasi terhadap polemik e-materai yang menjadi salah satu syarat pendaftaran CPNS tahun ini.


Kumpulan link resmi beli e-materai dari Peruri untuk daftar CPNS 2024 yang bisa dijadikan sebagai alternatif.--Peruridigit

“Ini juga untuk memberikan keadilan bagi pelamar yang terkena dampak gangguan sistem tersebut,” tutur Puan.

Perempuan kelahiran Jakarta tahun 1973 itu juga menyeru agar pemerintah melakukan pemantauan (monitoring) sistem yang digunakan selama pendaftaran CPNS digelar.

BACA JUGA:Situs E-materai Gangguan, Pendaftaran CPNS Diperpanjang

Hal tersebut digunakan untuk mendukung besarnya antusiasme dari masyarakat yang memutuskan menjadi bagian dari pendaftar CPNS tahun ini.

Apalagi, menurutnya, tujuan dibukanya pendaftaran CPNS adalah untuk menjaring sebanyak-banyaknya calon abdi negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: