Teka-teki Reshuffle Kabinet Jelang Akhir Masa Jabatan Jokowi

Teka-teki Reshuffle Kabinet Jelang Akhir Masa Jabatan Jokowi

Prosesi Pelantikan AHY Menjadi Menteri ATR--Instagram Presiden Jokowi

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo akan lengser pada 20 Oktober. Kurang 42 hari lagi. Tetapi, di ujung masa jabatan itu, ada yang memutuskan mundur dari Kabinet Indonesia Maju. Yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dua sosok tersebut memang orang kepercayaan Jokowi. Tak pernah masuk daftar perombakan kabinet sejak bergabung menjadi pembantu presiden. 

Pramono diangkat menjadi sekretaris kabinet pada 15 Agustus 2015. Politikus senior PDI Perjuangan itu menggantikan posisi Andi Widjajanto. 

BACA JUGA:Risma-Pramono Mundur, Jokowi Buka Peluang Reshuffle Kabinet Lagi

BACA JUGA: Pramono Anung-Rano Karno Resmi Daftar Pilgub ke KPU DKI Jakarta

Kemudian Tri Rismaharini diangkat menjadi menteri sosial pada 23 Desember 2020. Eks wali kota Surabaya dua periode itu menggantikan Juliari Batubara yang menjadi tersangka kasus korupsi.


Tri Rismaharini menjalani pemeriksaan kesehatan untuk persyaratan pencalonan Pilgub Jatim 2024, di RSUD dr Soetomo, Sabtu, 31 Agustus 2024.-Vincentius Andito/Harian Disway-

Kini, baik Pramono maupun Risma, mendapat tugas dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Kedua kader partai banteng itu ditunjuk untuk maju di Pilkada 2024

Pramono dipasangkan dengan Rano Karno maju di Pilgub DKI Jakarta 2024. Begitu pula Risma yang ditugaskan maju di Pilgub Jawa Timur 2024.

BACA JUGA:PDIP, Bu Risma, dan Tagline 'Jatim Resik' untuk Pilgub

BACA JUGA:Khofifah Tanggapi Isu Lama soal Rivalitas dengan Risma

Keduanya sudah mengirim surat pengunduran diri dari kabinet. Jokowi pun memastikan bahwa sudah tak lagi menjabat sebagai menteri sosial. 

“Sudah, Sudah saya tandatangani surat pengunduran dirinya,” ucap Jokowi seusai melakukan kunjungan kerja di Pasar Soponyono, Rungkut, Surabaya pada Jumat, 6 September 2024.

Jokowi pun sudah menunjuk Menteri PMK Muhadjir Effendy untuk menjabat sebagai pelaksana tugas menteri sosial. Namun, Jokowi belum menerbitkan surat keputusan pemberhentian Pramono sebagai sekretaris kabinet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: