Peringati Hari Aksara Internasional, Puri Aksara Rajapatni & Wisma Jerman Lestarikan Penulisan Aksara Jawa

Peringati Hari Aksara Internasional, Puri Aksara Rajapatni & Wisma Jerman Lestarikan Penulisan Aksara Jawa

Foto Bersama Peserta Cross Culture & Workshop Shodo dalam Penulisan Aksara Jawa dalam Memperingati Hari Aksara Internasional di Wisma Jerman, Surabaya, pada Senin, 9 September 2024-Vincentius Andito: Harian Disway-


Peserta Cross Culture & Workshop Penulisan Aksara Jawa menulis nama menggunakan aksara Jawa pada kertas panduan di Wisma Jerman, Surabaya, pada Senin, 9 September 2024-Vincentius Andito: Harian Disway-

Para peserta mulai mencoba menuliskan nama mereka pada kertas tersebut sambil mencocokkan huruf aksara Jawa sesuai namanya.

Beberapa murid Ita juga membantu para peserta workshop untuk mencari huruf aksara Jawa. 

Setelah lancar, para peserta berkesempatan menulis aksara di beberapa alih media. Mulai dari gantungan kunci kayu dan plastik, kipas kertas, hingga kertas khusus kaligrafi Jepang.

BACA JUGA:Truk Mogok di Perlintasan Margomulyo Bikin 8 KA Terlambat, KAI Daop 8 Surabaya Tuntut Ganti Rugi

“(Menulis) di gantungan kunci kayu dan plastik, kertas besar, dan kipas. Itu tantangan, ya. Kalau di kipas, karena pakai kuas jadi berpengaruh dari segi penekanan,” kata Top Model Indonesia Tahun 2023 Amelia Dwi Lestari.

“Sebenarnya sudah ada persiapan untuk acara hari ini. Akan ada perpaduan antara beberapa budaya. Sedikit ada kejutan karena akan belajar aksara Jawa, ternyata seru sekali,” ucap Liona Violeta, perwakilan Miss Tionghoa Jawa Timur 2024.

BACA JUGA:Pembangunan RSUD Surabaya Timur Rampung, Segera Diresmikan Bertahap Bulan Ini

Antusiasme juga tampak dari para Miss Teen Tionghoa 2024 yang juga mengikuti workshop aksara Jawa.

“Menurut saya ini menyenangkan. Karena selama ini saya belum pernah belajar aksara Jawa. Jadi agak sedikit challenging bagi saya untuk belajar. Juga cukup menarik dengan mengenal banyak orang dari macam-macam negara,” ucap Miss Teen Tionghoa Sumatera Selatan 2024 Dava Nikaila.


Sasha & Jennifer Miss Teen Tionghoa Jawa Timur 2024 menulis aksara Jawa di gantungan kunci kayu dalam Cross Culture & Workshop Penulisan Aksara Jawa di Wisma Jerman, Surabaya pada Senin, 9 September 2024-Vincentius Andito: Harian Disway-

Terdapat peserta workshop termuda, Summer dan Magen. Mereka merupakan perwakilan Little Miss Tionghoa Jawa Timur 2024. Keduanya pun tampak antusias. Karena event itu adalah pengalaman baru bagi mereka.

BACA JUGA: Skatepark Kalimas dan Taman Bungkul Direvitalisasi, Area Indoor Skala Internasional Juga Disiapkan di Hi-Tech Mall

“Sangat exciting sih, soalnya bisa belajar language baru dan tadi pakai brush dari Jepang. Seru,” ucap Summer.

“Kita juga bisa belajar kaligrafi. Belajar gimana cara tulisnya dan bisa belajar berkomunikasi dengan bahasa Jawa,” sahut Magen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan lapangan