FEB Unair Fasilitasi UMKM Desa Besur untuk Penuhi Legalitas Usaha dan Go Digital

FEB Unair Fasilitasi UMKM Desa Besur untuk Penuhi Legalitas Usaha dan Go Digital

Pemaparan Materi Pemasaran Digital oleh Dr. Tri Siwi Agustina kepada pelaku UMKM Desa Besur.--Dokumentasi FEB Unair

LAMONGAN, HARIAN DISWAY - Akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga kembali menggelar Program Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Besur, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan.

Kegiatan itu bertujuan mendukung Pemberdayaan Islamic Sociopreneurship pada UMKM menuju Go-Digital dan Global selama tiga pekan. Terhitung mulai 22 Agustus hingga 8 September 2024 dan akan berlangsung sampai dengan akhir 2024. 

FEB Unair mendapat dukungan penuh dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Yakni melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2024.  

BACA JUGA:YPKABK, FISIP Unair, dan Pemdes Gelar Pelatihan Kader ABK di Dukuh Tengah

BACA JUGA:Peringatan Hari Anti Penghilangan Paksa di Unair: Untukmu 'Yang Tak Pernah Hilang'

“Selama tiga pekan ini kami mengadakan pelatihan pemasaran digital untuk pemahaman konten promosi menarik dan klinik berjalan bagi UMKM di Desa Besur,” jelas Tika Widiastuti, ketua tim Pengabdian Kepada Masyarakat.


Salah seorang pelaku UMKM Desa Besur mengurus pembuatan izin NIB dan Sertifikasi Halal di Balai Desa Besur.--Dokumentasi FEB Unair

Menurut Tika, tujuan kegiatan tersebut untuk memfasilitasi mereka dalam mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB), PIRT, dan pengajuan sertifikasi halal.

Alhamdulillah, UMKM antusias menyambut kegiatan ini,” jelas Titik. Aktivitas pengabdian masyarakat itu diawali dengan Pelatihan Pemasaran Digital yang dilaksanakan pada Kamis, 22 Agustus 2024 di Balai Desa Besur. 

BACA JUGA:Unair Tutup Gelaran PKKMB dengan Tanam Pohon Buah

BACA JUGA:Pakar Hukum Tata Negara Unair: Baleg DPR Langkahi Hierarki Konstitusi

UMKM dikenalkan dengan berbagai hal. Mulai dari perkembangan teknologi, menyediakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan kesejahteraan bersama. 

Pelaksanaan kegiatan itu juga membantu masyarakat Desa Besur untuk meningkatkan pemahaman mengenai konsep manajemen Islamic Sociopreneurship. Mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, sampai pemasaran. 

Pelatihan Pemasaran Digital itu disampaikan oleh Tri Siwi Agustina sebagai pakar marketing sekaligus dosen di Departemen Manajemen, FEB, Universitas Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: