Mendiang James Earl Jones, Anak Gagap dengan Masa Lalu Suram Hingga jadi Aktor Legendaris

Mendiang James Earl Jones, Anak Gagap dengan Masa Lalu Suram Hingga jadi Aktor Legendaris

Penulis drama D.L. Coburn, James Earl Jones dan Cicely Tyson saat pertunjukan Malam Pembukaan Broadway Tirai Panggilan untuk 'The Gin Game' di Teater John Golden pada 14 Oktober 2015 di New York City.--getty images

HARIAN DISWAY - James Earl Jones, aktor legendaris yang berhasil mengatasi segala rintangan. Mulai dari masalah rasial hingga mengalami gagap parah. Ia pun mencapai puncak kesuksesan. Menjadi ikon panggung dan layar lebar. Berpulangnya Jones pada usia 93 tahun meninggalkan warisan kreatif yang akan selalu dikenang. 

Suara Jones yang dalam dan berwibawa dikenal luas. Ia merupakan pengisi suara Darth Vader dalam Star WarsSelain itu, Jones juga mengisi suara Raja Mufasa dalam film The Lion Kingserta pembawa suara CNN yang ikonik, This is CNN.

Kabar duka itu dikonfirmasi oleh agennya, Barry McPherson. Ia menyebut Jones meninggal pada Senin pagi, 9 September 2024 di rumahnya. Penyebab kematiannya belum diungkapkan secara resmi.

BACA JUGA:Dibintangi Aktor Squid Game, Simak Sinopsis Serial Star Wars: The Acolyte


Mendiang James Earl Jones, Anak Gagap dengan Masa Lalu Suram Hingga jadi Aktor Legendaris. James Earl Jones semasa hidup.-Chris Pizzelo-Shutterstock

Jones adalah pionir yang tetap aktif berkarya hingga usia 80-an. Kariernya yang cemerlang membuahkan berbagai penghargaan bergengsi. Penghargaan yang ia peroleh termasuk dua Emmy, satu Golden Globe, dua Tony Award, satu Grammy, serta Oscar kehormatan. Juga penghargaan Tony khusus untuk pencapaian seumur hidup.

Pada tahun 2022, Broadway bahkan mendedikasikan salah satu teaternya dengan nama James Earl Jones. Hal tersebut dilakukan sebagai penghormatan atas kontribusinya.

Ia tetap kreatif di usia senja dengan selera humor yang sarkastis. Jones tak pernah berhenti bekerja keras. Pada 2015, dalam persiapan untuk pertunjukan The Gin Game di Broadway, Jones datang ke tempat latihan dengan hapalan yang sempurna. Ia juga membawa buku catatan yang berisi komentar dari tim kreatif. 

“Kebutuhan untuk bercerita selalu ada dalam diri kita,” katanya, seperti dilansir Associated Press, menegaskan bahwa ia selalu siap menghadapi tantangan.

BACA JUGA:Benarkah Guillermo del Toro yang Sutradarai “Star Wars”?

Perjalanan karier Jones di dunia akting dimulai sejak debutnya di Broadway pada 1958 dalam film Sunrise At Campobello. Ia memenangkan dua Tony Award untuk perannya dalam The Great White Hope (1969) dan Fences (1987). 

Jones juga dinominasikan untuk On Golden Pond (2005) dan Gore Vidal's The Best Man (2012). Ia dipuji karena kemampuannya dalam membawakan karya Shakespeare dan Athol Fugard. 

Penampilannya di Broadway baru-baru ini termasuk Cat on a Hot Tin Roof, Driving Miss Daisy, The Iceman Cometh, dan You Can't Take It With You.

BACA JUGA:Mengenang James Earl Jones, Aktor Legendaris Pengisi Suara Darth Vader dan Mufasa yang Wafat di Usia 93

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: agence france-presse