Mengenang James Earl Jones, Aktor Legendaris Pengisi Suara Darth Vader dan Mufasa yang Wafat di Usia 93

Mengenang James Earl Jones, Aktor Legendaris Pengisi Suara Darth Vader dan Mufasa yang Wafat di Usia 93

James Earl Jones menerima Penghargaan Tony Khusus untuk Prestasi Seumur Hidup di Teater di atas panggung pada Tony Awards 2017 di Radio City Music Hall pada 11 Juni 2017 di New York City.-theo wargo-Getty Inages

HARIAN DISWAY - James Earl Jones, aktor senior yang dikenal karena suaranya yang ikonik dan berwibawa, meninggal dunia pada usia 93 tahun. Ia dikenal dalam peran sebagai Darth Vader dalam trilogi orisinal Star Wars, juga Raja Mufasa dalam film The Lion King.

Kepergian Jones terjadi di rumahnya, Pawling, New York, pada Senin pagi waktu setempat (Senin malam WIB). Menurut agennya Barry McPherson, ia pergi dikelilingi oleh keluarga terdekatnya.

James Earl Jones adalah suara CNN dan brand kami selama beberapa dekade. Pidato-pidatonya memancaran otoritas, keanggunan, dan kesopanan yang unik. Suara luar biasa itu hanyalah salah satu dari banyak hal yang akan dirindukan dunia dari James," tulis CNN.

Pria kelahiran Arkabulta, Mississippi, itu tutup usia setelah perjalanan karier yang luar biasa. Yang membentang lebih dari enam dekade. Hal itu menjadikannya sebagai salah seorang figur paling berpengaruh dalam dunia perfilman dan teater dunia.

BACA JUGA:Profil dan Perjalanan Karier Puput Novel, dari Penyanyi Cilik Sampai Caleg Partai Golkar

BACA JUGA:Perjuangan Puput Novel Melawan Kanker Payudara dan Komplikasi yang Menjadi Akhir Perjalanan Hidupnya

Akting yang Versatile


Mengenang James Earl Jones, aktor legendaris pengisi suara Darth Vader dan Mufasa yang wafat di usia 93. Foto: Berbagai peran yang pernah dimainkan James Earl Jones.-US Weekly-

Selama kariernya, Jones bekerja dengan sejumlah sutradara dan aktor top. Pada tahun 1964, Jones tampil dalam film Dr. Strangelove, sebuah film satir Perang Dingin karya Stanley Kubrick yang diakui para kritikus.

Pada 1982, ia memerankan Conberadu akting dengan Arnold Schwarzenegger dalam Conan the Barbarian. Dan beberapa tahun kemuian, ia bermain dalam Field of Dreams (1989) bersama Kevin Costner. Filmografi yang beragam itu cukup menunjukkan fleksibilitasnya sebagai aktor.

Namun, tak bisa dimungkiri. Suaranya sebagai Darth Vader dalam trilogi awal Star Wars (Star Wars, The Empire Strikes Back, dan Return of the Jedi), adalah peran yang melontarkan namanya ke popularitas. Meskipun fisik karakter itu dibawakan aktor Inggris David Prowse di layar.


Mengenang James Earl Jones, aktor legendaris pengisi suara Darth Vader dan Mufasa yang wafat di usia 93. Foto: Jones bersama karakter Darth Vader dalam sebuah acara pada 2015.-Getty Images via AFP-

Suara jahat dan mendalam yang keluar dari helm karakter ikonik tersebut adalah milik James Earl Jones. Suara itulah yang menghasilkan banyak sekali momentum paling berkesan dari trilogi besutan George Lucas tersebut.

BACA JUGA:Ayah Junghwan TREASURE Meninggal, TEUME Kenang Momen-Momen Mengharukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: agence france-presse