Mengenang James Earl Jones, Aktor Legendaris Pengisi Suara Darth Vader dan Mufasa yang Wafat di Usia 93

Mengenang James Earl Jones, Aktor Legendaris Pengisi Suara Darth Vader dan Mufasa yang Wafat di Usia 93

James Earl Jones menerima Penghargaan Tony Khusus untuk Prestasi Seumur Hidup di Teater di atas panggung pada Tony Awards 2017 di Radio City Music Hall pada 11 Juni 2017 di New York City.-theo wargo-Getty Inages

"Kata legendaris bahkan tidak cukup untuk menggambarkan peran ikoniknya, dan dampaknya pada sinema selamanya," tulis Spencer.

Bertabur Penghargaan


Mengenang James Earl Jones, aktor legendaris pengisi suara Darth Vader dan Mufasa yang wafat di usia 93. Foto: Jones mendapatkan Honorary Award The Oscars 2011.-Mike Coppola-AFP

James Jones dikenal tidak hanya karena suaranya yang unik. Tapi juga karena dedikasi dan kecintaannya pada seni peran. Ia memenangkan sejumlah penghargaan prestisius sepanjang kariernya.

Ia adalah satu dari sedikit sekali orang yang mampu meraih status EGOT. Yakni, orang yang mendapatkan penghargaan dari empat bidang sekaligus: Emmy Awards (televisi), Grammy Award (musik), Oscar (film), dan Tonny Award (panggung teater).

Jones meraih tiga piala Emmy, termasuk Aktor Terbaik 1991 lewat serial Gabriel's Fire. Lalu piala Grammy lewat kategori Best Spoken Word 1977 lewat Great American Document. Dan Honorary Award di Oscar 2011.

Dengan suaranya yang tak terlupakan, James Earl Jones telah meninggalkan jejak mendalam di dunia hiburan. Pengaruhnya akan terus hidup. Tidak hanya di layar, tetapi juga dalam kenangan para penggemar yang tersebar di seluruh dunia. (*)

*) Mahasiswi magang Program Regular dari Politeknik Negeri Malang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: agence france-presse