Jokowi Lantik Gus Ipul Gantikan Risma Jadi Mensos Hari Ini

Jokowi Lantik Gus Ipul Gantikan Risma Jadi Mensos Hari Ini

Gus Ipul, Sosok Pengganti Tri Rismaharini Jadi Mensos yang Baru---Istimewa

HARIAN DISWAY - Inilah reshuffle atau perombakan kabinet terakhir Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sisa masa jabatannya.

Jokowi akan melantik Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai menteri sosial. Yakni untuk menggantikan Tri Rismaharini yang sebelumnya mundur karena maju di Pilgub Jatim.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan pelantikan yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, itu dijadwalkan pukul 09.00 pagi, Rabu, 11 September 2024.

BACA JUGA:Pelantikan Anggota DPRD Kota Pasuruan Periode 2024-2029, Gus Ipul Singgung Kinerja Dewan Diawasi Aparat

BACA JUGA:Pilkada Kota Pasuruan Lawan Kotak Kosong, Gus Ipul Titip Pesan

“Bapak Presiden diagendakan akan melantik Bapak Saifulah Yusuf sebagai Menteri Sosial untuk sisa masa jabatan tahun 2019-2024,” kata Ari melalui pesan singkat yang diterima Harian Disway.


Presiden Jokowi enggan berkomentar banyak soal isu reshuffle Kabinet Maju Indonesia jelang akhir masa jabatannya.-tangkapan layar X@jokowidodo-

Selain itu, lanjutnya, Jokowi juga akan melantik Aida Suwandi Budiman sebagai anggota Dewan Komisioner LPS dan Irjen Pol. Eddy Hartono sebagai kepala BNPT.

Anda sudah tahu, isu reshuffle kabinet ini sudah berembus beberapa waktu belakangan. Tepatnya setelah Risma dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung memutuskan mundur dari kabinet.

BACA JUGA:Daftar Lengkap Reshuffle Kabinet selama Dua Periode Pemerintahan Jokowi

BACA JUGA:Teka-teki Reshuffle Kabinet Jelang Akhir Masa Jabatan Jokowi

Dua sosok tersebut memang orang kepercayaan Jokowi. Tak pernah masuk daftar perombakan kabinet sejak bergabung menjadi pembantu presiden. 

Pramono diangkat menjadi sekretaris kabinet pada 15 Agustus 2015. Politikus senior PDI Perjuangan itu menggantikan posisi Andi Widjajanto. 

Kemudian Tri Rismaharini diangkat menjadi menteri sosial pada 23 Desember 2020. Eks wali kota Surabaya dua periode itu menggantikan Juliari Batubara yang menjadi tersangka kasus korupsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: