Sosok Lifter Internasional Aceh Nurul Akmal yang Pecahkan Rekor dan Penyulut Api di Pembukaan PON XXI

Sosok Lifter Internasional Aceh Nurul Akmal yang Pecahkan Rekor dan Penyulut Api di Pembukaan PON XXI

Tidak hanya berhasil merebut medali emas dengan total angkatan 248 kg, tetapi Nurul Akmal juga memecahkan rekor PON XXI Aceh-Sumut 2024. --Puspen Kemendagri

BANDA ACEH, HARIAN DISWAY – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI telah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Senin, 9 September 2024.

Dalam acara itu, lifter internasional asal Aceh Nurul Akmal terpilih sebagai penyulut api pada upacara pembukaan. Sebagai lifter asal Aceh, ia ditargetkan meraih medali emas, seperti yang ia torehkan pada PON XX di Papua. 

Ternyata harapan kontingen Aceh ini terpenuhi. Perempuan yang disapa Amel itu membuat kejutan dengan prestasinya. Tidak hanya berhasil merebut medali emas dengan total angkatan 248 kg, tetapi juga memecahkan rekor PON.

BACA JUGA: Nurul Akmal Berpotensi Raih Medali, Catat Jadwal Indonesia di Hari Terakhir Olimpiade Paris 2024

Dalam pertandingan di Seuramoe Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Aceh, Kompleks Stadion Harapan Bangsa (SHB), Selasa, 10 September 2024, Amel bersaing di kelas +87 kg putri. Ia pun meraih medali emas keempat bagi Tim Angkat Besi Aceh.

Dengan prestasi itu maka ia memecahkan rekor PON pada angkatan clean and jerk dengan total beban 143 kg, mengungguli rekor sebelumnya di angka 142 kg. Keberhasilan Amel merebut medali emas pada PON 2024 juga menjadi catatan rekor baru.

Dia juga satu-satunya atlet angkat besi putri dari Aceh yang sukses merebut medali emas pada tiga kali PON berturut-turut. Amel merupakan langganan medali emas sejak PON XIX 2016 di Jawa Barat, PON XX 2021 di Papua.

BACA JUGA: Buka PON XXI 2024, Presiden Jokowi Minta Pegang Teguh Sportivitas dan Fair Play

Prestasinya dalam PON XXI ini disusul Jihan Syahrini dengan medali perak. Atlet dari Jambi, dengan total angkatan 225 kg. Lalu disusul berikutnya dengan medali perunggu oleh Rizka Oktaviana dari Kalimantan Barat dengan total angkatan 219 kg.

Sebelum itu, Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebutkan, atlet asal Tanah Luas, Aceh Utara itu memang membanggakan. Karena itu ia pantas mendapatkan kehormatan sebagai penyulut api pembukaan PON XXI.

Itu berkat prestasi yang telah diraihnya. Termasuk pernah tampil di Olimpiade Paris 2024. “Nurul Akmal telah menunjukkan prestasi luar biasa untuk olahraga Indonesia. Dia telah tampil di dua olimpiade, Tokyo dan Paris,” ujar Dito.

BACA JUGA: Menuju PON XXI, Jokowi Resmikan Rehabilitasi dan Renovasi Sejumlah Venue PON di Aceh

Hal itu disampaikannya saat konferensi pers di Media Center Utama wilayah Aceh bertajuk PON XXI Aceh-Sumut 2024 untuk Indonesia Juara yang berlangsung di Hotel Hermes Banda Aceh, Minggu, 8 September 2024) malam.

Pujian terhadap Nurul itu senada dengan pernyataan Penjabat (Pj.) Gubernur Aceh Safrizal ZA. Ia menilai Nurul adalah atlet paling berprestasi yang dimiliki Aceh saat ini. “Dia telah mengharumkan nama Aceh dan Indonesia dengan prestasinya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: