Ketua Pemenangan Eri Cahyadi Mantan Ketua KPU, Begini Respon Bawaslu

Ketua Pemenangan Eri Cahyadi Mantan Ketua KPU, Begini Respon Bawaslu

Ketua Bawaslu Kota Surabaya Novli Bernado Thyssen.-Dokumentasi Bawaslu Kota Surabaya -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Nur Syamsi ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan pasangan Eri Cahyadi-Armuji di Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Surabaya 2024.

Meski berasal dari nonpartai politik, Nur Syamsi sudah bukan sosok asing lagi di kalangan elite partai se-Kota Surabaya.

Sebab, ia pernah menjabat sebagai ketua KPU Kota Surabaya selama sepuluh tahun. Dua periode. Yakni periode 2014-2024. 

Lantas, keputusan tersebut menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Tak sedikit dari mereka yang menunjukkan kekecewaannya.

BACA JUGA:Ini Alasan Eri Cahyadi Pilih Nur Syamsi Jadi Ketua Tim Pemenangan

Ketua Bawaslu Kota Surabaya Novli Bernado Thyssen turut memberikan tanggapannya terkait keputusan pihak Eri-Armuji yang menunjuk Nur Syamsi sebagai ketua tim pemenangan.

"Wajar setiap orang melihat perspektif Pak Nur Syamsi selaku mantan ketua. Pasti punya hubungan emosional dengan jajaran di tingkat kota atau kecamatan," ujarnya kepada Harian Disway, Kamis, 12 September 2024.

Kendati demikian, Novli menegaskan hal tersebut tidak melanggar peraturan. Sebab, Nur Syamsi sudah lepas dari jabatannya sebagai penyelenggara pemilu.

"Saya pikir ini tidak masalah. Sudah tidak ada lagi etik yang dilanggar. Artinya dia menjadi manusia yang bebas sebagai warga surabaya pada umumnya," imbuhnya.

Menurut Novli, sah-sah saja bila Nur Syamsi kemudian memilih jalan politiknya sebagai ketua tim pemenangan Eri-Armuji di Pilwali Kota Surabaya 2024.

Namun pada prinsipnya, Bawaslu Kota Surabaya akan tetap menjalankan kewajibannya sebagai badan pengawas. Khususnya terkait aktivitas kampanye dan netralitas penyelenggara.

"Ini menjadi antisipasi. Kami akan terus mengawasi dan memastikan seluruh penyelenggara bersifat netral dan tidak berpihak," tandasnya.

BACA JUGA:Wah! Eks Ketua KPU Surabaya Jadi Ketua Tim Pemenangan Eri-Armuji

Diberitakan sebelumnya, bakal calon wali kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, penunjukkan Nur Syamsi sebagai ketua tim pemenangan adalah hasil kesepakatan partai politik pengusung Eri-Armuji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: