46 Orang Tenggelam Saat Festival Hindu di India

46 Orang Tenggelam Saat Festival Hindu di India

Para ibu dan anak mereka di sebuah sungai negara bagian Uttar Pradesh yang merayakan festival Jivitputrika pada tahun 2020.-Hindustan Times-Getty Images

Dengan banyaknya korban jiwa, terutama anak-anak, insiden ini harus menjadi perhatian bagi semua pihak terkait untuk memastikan keselamatan masyarakat dalam setiap kegiatan keagamaan.

Insiden mematikan memang tak jarang terjadi di tempat-tempat ibadah selama festival-festival keagamaan besar di India. Kecelakaan-kecelakaan mematikan yang terjadi selama festival-festival besar di seluruh India hampir semuanya terjadi karena masyarakatnya yang kurang mematuhi aturan-aturan keselamatan.

Yang terbesar adalah ketika ada setidaknya 121 orang yang meninggal dunia karena terinjak-injak dalam sebuah festival keagamaan di Hathras, India utara.

BACA JUGA:Tragedi di India! 121 Orang Tewas Terinjak dalam Acara Keagamaan

Pada tahun 2018 juga ada hampir 60 orang yang tewas setelah sebuah kereta api menabrak kerumunan orang yang sedang menyaksikan perayaan Dusshera.

Tragedi tersebut menyoroti pentingnya kesadaran akan keselamatan khususnya selama perayaan keagamaan. Mengingat banyak festival di India melibatkan kerumunan besar dan aktivitas berisiko tinggi.

Sehingga sangat penting bagi pihak berwenang untuk meningkatkan pengawasan dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai potensi bahaya. 

Penegakan aturan keselamatan juga harus menjadi prioritas agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang.

 

*) mahasiswa Politeknik Negeri Malang, peserta Magang Regular di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: afp