10 Tahun Jokowi Memerintah, Indonesia Naik Peringkat sebagai Negara dengan Ekonomi Terbesar ke-16 Dunia

10 Tahun Jokowi Memerintah, Indonesia Naik Peringkat sebagai Negara dengan Ekonomi Terbesar ke-16 Dunia

Selama 10 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), peringkat Poduk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di dunia naik dari nomor 18 menjadi nomor 16. Pertumbuhan ini signifikan. Baik nilai PDB maupun peringkat global. --LSI Denny JA

PDB mencerminkan produktivitas dan ukuran ekonomi suatu negara. Seberapa penting indikator PDB bagi sebuah negara? PDB merupakan indikator utama dalam mengukur kesehatan ekonomi suatu negara. PDB menunjukkan besarnya aktivitas ekonomi.

PDB membantu menentukan tingkat pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, serta kualitas hidup. Pemerintah, investor, dan pembuat kebijakan menggunakan PDB untuk merancang kebijakan ekonomi dan strategi pembangunan.

BACA JUGA: Denny JA: Pascaputusan MK, saatnya Politik Move On

Bagaimana cara mengukurnya?

PDB diukur dengan menghitung nilai tambah dari semua barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara selama periode tertentu. World Bank adalah lembaga utama yang mengukur PDB secara global. Lembaga yang sangat kredibel.

Memiliki standar tinggi dalam pengumpulan data ekonomi. Metodologi yang digunakan World Bank ini terpercaya. Dikenal transparan, konsisten, dan banyak dijadikan acuan pemerintah, investor, serta organisasi internasional untuk analisis ekonomi.

Kapan indikator PDB ini mulai diukur?

Indikator PDB mulai diukur secara sistematis oleh World Bank sejak 1966, setelah Konferensi Internasional tentang Pengukuran Pendapatan Nasional yang diselenggarakan PBB pada tahun 1953. Pada 2023, World Bank mengukur PDB lebih dari 190 negara.

BACA JUGA: LSI Denny JA: Dukungan ke Prabowo-Gibran Meningkat dari 7 Area

Bagaimana Pertumbuhan PDB Indonesia?

Selama pemerintahan Presiden Jokowi, PDB Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Jika membandingkan data tahun 2014 dengan tahun 2023 (data 2024 belum dirilis), terlihat bahwa PDB Indonesia mengalami peningkatan yang sehat.

Pada 2014, PDB Indonesia tercatat sebesar USD 890,81 miliar, menempatkan Indonesia pada peringkat 18 ekonomi terbesar di dunia. Namun, pada 2023, PDB Indonesia meningkat menjadi USD 1,37 triliun.

Inilah yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar ke-16 di dunia. Pertumbuhan ini signifikan, baik dalam hal nilai PDB maupun peringkat global. Data ini menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia terus tumbuh.

BACA JUGA: Survei Terbaru LSI Denny JA: Prabowo Gibran Tembus 50,7 Persen, Pilpres Berpeluang Satu Putaran

Terutama selama satu dekade pemerintahan Jokowi. Pertumbuhan ini juga menegaskan bahwa kebijakan ekonomi yang diterapkan Jokowi, terutama pembangunan infrastruktur dan perbaikan iklim investasi, memberikan dampak positif yang nyata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: