Mau Mulai Koleksi Gundam? Kenali Dulu Macam-Macam Grade Gunpla Beserta Kisaran Harganya

Mau Mulai Koleksi Gundam? Kenali Dulu Macam-Macam Grade Gunpla Beserta Kisaran Harganya

Gundam HG Gundam 00 Diver Arc--Bandai

Mereka yang mengoleksi MG adalah mereka yang benar-benar mencintai seri Gundam dan serius dalam mengoleksi Gunpla. Pasalnya, satu meka kelas Master Grade saja harganya bisa berkisar antara Rp 800.000 hingga Rp. 1,5 juta.  Cocok dengan pepatah "ada harga ada kualitas".

MG juga memiliki ukuran yang lebih besar daripada HG dan RG, yakni skala 1/100 dengan tinggi 15-17 cm. Proses perakitan MG jauh lebih rumit karena komponen yang lebih kecil dan lebih banyak. Meski begitu hasil akhirnya memberikan kepuasan tersendiri karena detailnya sangat menonjol.

Model kit kelas MG juga telah dilengkapi dengan inner frame yang kokoh untuk memastikan kekuatan model kit untuk dipajang dengan berbagai pose. .

Perfect Grade (PG)


Perfect Grade GN 001 Gundam Exia adalah salah satu model kit Gunpla kelas PG. Dari serial Mobile Suit Gundam 00--Bandai

Grade tertinggi dari Gunpla adalah Perfect Grade (PG), dan namanya memang mencerminkan kualitasnya. Skala PG adalah skala terbesar, 1/60 dengan tinggi sekitar 30 cm. Perakitannya jauh lebih kompleks. Butuh ketelitian dan kesabaran dan bisa menghabiskan puluhan jam karena komponen yang sangat kecil dan jumlahnya banyak.

BACA JUGA:Diskusi Film Mobile Suit Gundam Hathaway (2021): Pahlawan, Prajurit, dan Manusia

Detail yang ditawarkan oleh PG jauh di atas HG, RG, bahkan MG sekalipun. Model kit PG juga terkenal bisa dipose hampir seperti dalam animenya. Semua keunggulan itu datang dengan harga yang tinggi, yaitu sekitar Rp2.500.000 hingga Rp7.000.000. Bahkan dibeberapa edisi harganya mencapai puluhan juta.

Namun penjualan PG tetap saja laris manis. Tentu saja mereka yang mengoleksi PG adalah pecinta gundam garis keras yang sudah berkomitmen pada hobi ini. 

BACA JUGA:Bakal Ada Robot Mirip Gundam Seharga Rp 46 Miliar di Japan Mobility Show!

Selain lima grade utama ini, ada juga Mega-Size dengan skala 1/48 dan tinggi sekitar 35 cm. Meski ukurannya besar, Mega-Size kurang menarik dalam hal detail dibandingkan PG. Namun, untuk koleksi, tentu saja tetap menggoda untuk dimiliki.

Itulah tadi jenis-jenis Grade Gunpla. Harga mahal setara dengan kualitas yang ditawarkan. Namun jika kamu baru saja mau memulai hobi ini, bisa berangkat dari HG atau EG untuk latihan merakit.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: