Sultan Ketua DPD RI, Ratu Hemas Wakilnya

Sultan Ketua DPD RI, Ratu Hemas Wakilnya

Ketua DPD Sultan B Najamudin dan pimpinan DPD RI dilantik oleh Ketua MA M. Syarifuddin. --Dokumentasi Sultan Najamudin

Sultan mengakui bahwa kepemimpinan La Nyalla banyak capaian untuk DPD RI. Saat DPD dipimpin La Nyalla, Sultan adalah salah seorang wakil ketua DPD. Oleh karena itu, Sultan yakin mampu menyempurnakan DPD jauh lebih baik dari capaian La Nyalla.

Profil Sultan

Siapa sebenarnya Sultan B. Najamudin? Sultan adalah senator kelahiran Anggut, Pino, Bengkulu Selatan pada 11 Mei 1979. Sebelum terjun ke politik, Sultan adalah pengusaha yang memulai bisnis dari nol. Ia pernah menjadi tukang service AS keliling. Lalu kemudian bisa membuka perusahaan sendiri. Bisnisnya berkembang hingga menjadi pengusaha bidang penjualan senjata, bahan peledak, dan tabung gas skala nasional di bawah bendera ASA Karya Group. 

BACA JUGA:87 Anggota DPR RI Dapil Jatim Ikut Dilantik Hari Ini, Berikut Daftarnya!

BACA JUGA:Pimpin OJK Jatim, Yunita Siap Bersinergi dengan Gubernur

Alumnus FISIP Universitas Indonesia itu pulang ke Bengkulu saat berusia 30 tahun. Saat sang kakak, Agusrin M. Najamudin, menjadi gubernur, Sultan terpilih sebagai ketua KNPI provinsi Bengkulu. 

Pada 2009, Sultan mencalonkan diri sebagai caleg DPD. Ia pun terpilih bersama Ahmad kanedi, Riri Damayanti dan Eni khairani. Setelah 3 tahun, Sultan mengundurkan diri karena terpilih menjadi wakil gubernur Bengkulu sisa masa bakti 2010-2015.

Pada 2015, Sultan sempat menjadi calon gubernur Bengkulu berpasangan dengan Mujiomo. Namun kalah oleh Ridwan-Mukti- Rohidin Mersyah. Sultan kembali ke DPD setelah terpilih dalam Pemilu 2019. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: