Hari Hewan Sedunia 4 Oktober: Sejarah, Tujuan dan Tema Peringatan 2024

Hari Hewan Sedunia 4 Oktober: Sejarah, Tujuan dan Tema Peringatan 2024

Hari Hewan Sedunia pertama kali dicetuskan oleh Heinrich Zimmermann, seorang penulis dan penerbit majalah Mensch und Hund (Man and Dog). Perayaan pertamanya digelar pada tahun 1925 di Berlin, Jerman. --Freepik

Peringatan Hari Hewan Sedunia, yang jatuh setiap tanggal 4 Oktober, memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya perlindungan, kesejahteraan, dan hak-hak hewan. Adapun beberapa tujuan lain dari peringatan ini, yakni:

1. Meningkatkan Kepedulian Terhadap Hewan

Hari Hewan Sedunia dirayakan untuk mendorong kesadaran masyarakat terhadap perlakuan baik dan kesejahteraan hewan, baik hewan peliharaan, hewan liar, maupun hewan yang digunakan dalam industri.

2. Mendorong Perlindungan dan Pelestarian Hewan

Salah satu tujuan utamanya adalah mendorong upaya konservasi spesies yang terancam punah, serta pelestarian habitat alami hewan untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

BACA JUGA: Tip Atasi Masalah Obesitas pada Hewan Peliharaan 

3. Mengkampanyekan Hak-Hak Hewan

Peringatan ini juga bertujuan untuk menyoroti pentingnya memperlakukan hewan dengan hormat dan adil, serta menentang eksploitasi, kekerasan, dan pengabaian terhadap hewan.

4. Menggalang Aksi Global

Dengan adanya peringatan Hari Hewan Sedunia, masyarakat dan organisasi di seluruh dunia diharapkan dapat berpartisipasi dalam kampanye, acara, dan tindakan nyata untuk meningkatkan kesejahteraan hewan.

5. Memperkuat Hubungan Antara Manusia dan Hewan

Hari ini juga menggarisbawahi pentingnya hubungan harmonis antara manusia dan hewan, serta menghargai peran penting hewan dalam kehidupan manusia, baik sebagai sahabat maupun sebagai bagian dari lingkungan hidup.

BACA JUGA: Hari Ini 30 September, Yuk Ingat Sejarah G30S/PKI yang Jadi Tragedi Berdarah di Indonesia

Dengan peringatan ini, diharapkan lebih banyak tindakan positif diambil untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi semua makhluk hidup.

Tema Hari Hewan Sedunia 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: