Hari Hewan Sedunia 4 Oktober: Sejarah, Tujuan dan Tema Peringatan 2024

Hari Hewan Sedunia 4 Oktober: Sejarah, Tujuan dan Tema Peringatan 2024

Hari Hewan Sedunia pertama kali dicetuskan oleh Heinrich Zimmermann, seorang penulis dan penerbit majalah Mensch und Hund (Man and Dog). Perayaan pertamanya digelar pada tahun 1925 di Berlin, Jerman. --Freepik

Situs resmi World Animal Day mengumumkan Hari Hewan Sedunia 2024 dengan tema The World is Their Home Too Menyoroti pentingnya melindungi dan merawat lingkungan hidup agar tetap layak huni, baik untuk manusia maupun hewan.

Dengan tema Dunia Juga adalah Rumah Mereka. Berbagai masalah kesejahteraan hewan, seperti perburuan liar, perdagangan satwa, pengrusakan habitat, hingga kekerasan terhadap hewan peliharaan, menjadi sorotan utama dalam peringatan tahun ini.
Situs resmi World Animal Day mengumumkan Hari Hewan Sedunia 2024 dengan tema The World is Their Home Too Menyoroti pentingnya melindungi dan merawat lingkungan hidup agar tetap layak huni, baik untuk manusia maupun hewan. --Freepik

BACA JUGA: Hari Jantung Sedunia 29 September: Sejarah, Tema Peringatan dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Selain itu, perayaan ini diharapkan dapat memicu kesadaran kolektif akan tanggung jawab manusia dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Berbagai organisasi dan komunitas di seluruh dunia diperkirakan mengadakan kegiatan.

Ada yang dengan kampanye, advokasi, serta aksi nyata, seperti program adopsi hewan, penyelamatan spesies yang terancam punah, dan penyuluhan mengenai pentingnya pelestarian habitat alami.

Dengan tema tertentu yang diusung tahun ini, Hari Hewan Sedunia diharapkan mendorong kolaborasi global untuk menyuarakan hak-hak hewan dan memastikan perlindungan mereka di masa depan.

Kesadaran akan kebutuhan mendesak untuk melindungi satwa liar serta memperbaiki cara manusia memperlakukan hewan domestik diharapkan terus berkembang melalui peringatan tahunan ini. (Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: