Ada Hari Guru Sedunia Ada Hari Guru Nasional, Apakah Perbedaannya?

Ada Hari Guru Sedunia Ada Hari Guru Nasional, Apakah Perbedaannya?

Ada perbedaan Hari Guru Nasional pada 25 November dan Hari Guru Sedunia pada 5 Oktober yang biasa dirayakan setiap tahun. --Freepik

HARIAN DISWAY - Hari guru adalah momen penting untuk menghormati dan menghargai peran guru dalam pendidikan. Namun, ada perbedaan antara Hari guru Nasional yang diperingati di Indonesia dan Hari guru Sedunia yang dirayakan secara internasional.

Hari guru Nasional

Hari Guru Nasional di Indonesia diperingati setiap 25 November. Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), yang didirikan pada 25 November 1945. PGRI adalah wadah bagi guru.

Didirikan untuk memperjuangkan hak dan kesejahteraan mereka serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya peran guru.

BACA JUGA: Hari Anak Nasional, Orang Tua dan Guru Harus Beri Inspirasi untuk Anak

Utamanya dalam pendidikan dan pengembangan karakter generasi muda. Setiap tahun, berbagai kegiatan diselenggarakan, seperti seminar, workshop, dan acara penghargaan bagi guru berprestasi.

Nah, pada hari itu, biasanya, sekolah-sekolah juga mengadakan berbagai acara untuk menghargai jasa guru, termasuk upacara bendera dan penyerahan penghargaan. Tetapi tampaknya di Indonesia peringatan itu belum marak dilakukan.

Hari Guru Sedunia

Hari Guru Sedunia diperingati setiap 5 Oktober. Tanggal ini ditetapkan oleh UNESCO pada 1994 untuk menghormati guru dan mendorong pengembangan pendidikan global. Hari Guru Sedunia dirayakan di banyak negara di seluruh dunia.

BACA JUGA: Hari Guru Diisi Janji-Janji Gaji

Ada tema yang berbeda setiap tahunnya yang mencerminkan isu-isu terkini dalam dunia pendidikan. Bertujuan meningkatkan kesadaran tentang peran guru dalam mencapai tujuan pendidikan global, termasuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Pada hari itu, berbagai organisasi internasional dan pemerintah mengadakan seminar, diskusi, dan kampanye untuk memperjuangkan hak-hak guru dan meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh dunia.

Perbedaan dalam Sejarah

Dari penjelasan di atas maka sejarah Hari Guru Nasional dan Hari Guru Sedunia memiliki latar belakang yang berbeda. Hari Guru Nasional berkaitan erat dengan konteks sejarah Indonesia. Tterutama perjuangan para guru pasca-kemerdekaan.

BACA JUGA:Cak Lontong Jadi Bintang Tamu Peringatan Hari Guru Nasional di Kota Pasuruan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber