BIGBANG Dirumorkan Comeback di MAMA Awards 2024, Mnet Bilang Begini

BIGBANG Dirumorkan Comeback di MAMA Awards 2024, Mnet Bilang Begini

VIP bersiap-siap! BIGBANG kembali untuk penampilan spektakuler di MAMA Awards--wikipedia

BIGBANG memiliki pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan musik K-pop, baik di Korea maupun kancah internasional.

BIGBANG adalah salah satu grup K-pop pertama yang sukses menggelar tur dunia besar-besaran, salah satu yang paling ikonik adalah Alive Galaxy Tour pada 2012, dan MADE World Tour pada 2015-2016.

Dengan total lebih dari 1,5 juta penonton dari 66 pertunjukan di 13 negara, mereka berhasil tampil di lokasi-lokasi besar seperti Staples Center di Los Angeles, AS, dan Tokyo Dome, Jepang. Yang menunjukkan popularitas mereka di luar Korea.

BACA JUGA:T.O.P BIGBANG dan Lee Jin-wook Gabung Squid Game 2, Ini Daftar Lengkapnya

BACA JUGA:T.O.P Tinggalkan BIGBANG: Sudah Kubilang Aku Mundur Sejak Tahun Lalu

Hal lain yang membuat BIGBANG semakin melejit adalah penciptaan lightstick yang dibuat oleh G-Dragon, yang menjadi salah satu ciri khas fandom K-pop.

Lightstick pertama yang dipublikasikan ke publik oleh BIGBANG pada 2006 adalah hasil rancangan dirancang oleh G-Dragon. Mereka menciptakan Bang Bong, lightstick berbentuk mahkota yang sesuai dengan nama fandom mereka, VIP.

Sebagai salah satu grup K-pop paling berpengaruh, BIGBANG tidak hanya membantu memperkenalkan musik, tetapi juga menetapkan standar baru dalam hal musik, mode, dan produksi konser.

Meskipun banyak sekali rintangan atau masalah yang menimpa BIGBANG, mereka tetap bertahan dan membentuk budaya K-pop modern tetap kuat dan akan terus menginspirasi industri musik.

*) Mahasiswa MBKM Prodi Sastra Inggris Universitas Negeri Surabaya peserta magang di Harian Disway.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: mnet