Menikmati Kuliner Khas Trenggalek dari Nasi Gegog hingga Durian Ripto yang Menggoda

Menikmati Kuliner Khas Trenggalek dari Nasi Gegog hingga Durian Ripto yang Menggoda

Jelajahi kuliner khas Trenggalek seperti nasi gegog yakni hidangan tradisional lezat yang wajib dicoba. --Facebook

HARIAN DISWAY - Trenggalek selain menawarkan keindahan alam menyuguhkan keindahan rasa. Kuliner khas Trenggalek menghadirkan cita rasa yang lezat di lidah. Ada yang dinamakan nasi gegog hingga ayam lodho yang wajib Anda coba.

1. Sego Gegog atau nasi gegog

Sego gegog merupakan makanan salah satu kuliner khas di Trenggalek. Nasi gegog merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Nasi ini mempunyai cita rasa yang pedas yang menggugah selera.

Nama sego gegog sendiri berasal dari bahasa jawa, yaitu sego genem godong gedang, yang berarti nasi bungkus daun pisang. Nasi gegog biasanya memiliki bebrapa varian. Varian yang paling umum adalah varian isi ikan tuna dan ikan teri.

2. Ayam Lodho

Ayam lodho adalah hidangan olahan ayam yang dibakar terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu rempah. Biasanya menggunakan ayam kampung, yang membuat rasanya lebih gurih dan menjadi favorit banyak orang.
Hidangan ayam lodho khas Trenggalek yang mengundang selera. Masakan ini juga populer di Tulungagung. --YouTube @Mamyka Channel

Hidangan ini sering disajikan dengan nasi gurih atau nasi tiwul. Selain bahan utamanya yang istimewa, ayam lodho juga kerap hadir dalam acara-acara adat di Trenggalek. Rasanya gurih dan kaya dengan bumbu.

3. Pindang Sapi

Tampilan dari hidangan ini mirip sekal dengan rawon. Berkuah hitam dengan isian daging sapi atau kambing. Memiliki rasa pedas gurih yang sangat cocok jika dipadukan dengan nasi hangat. Hidangan ini cukup sulit ditemukan selain di Trenggalek.
Nasi pindang sapi yang mirip dengan rawon. Hidangan ini cukup sulit ditemukan selain di Trenggalek. --YouTube @Budhe Tritis

BACA JUGA: 5 Kuliner Khas yang Wajib Dicoba Saat Mudik ke Blora, Ada Lontong Mbleyer

BACA JUGA: 5 Kuliner Mojokerto yang Wajib Anda Coba Sekalian Mudik Lebaran

4. Keripik Tempe

Keripik tempe sudah lama menjadi makanan khas Trenggalek. Terbuat dari tempe yang diiris tipis-tipis yang kemudian di goreng. Keripik tempe cocok dijadikan camilan atau buah tangan untuk keluarga.
Keripik tempe yang siap dijadikan camilan. --YouTube @Bersama Stfayni

5. Alen-Alen

Selain keripik tempe, ada juga alen-alen. Camilan unik berbentuk cincin berwarna kuning. Rasanya gurih. Seperti keripik tempe, alen-alen bisa dijadikan camilan atau untuk menemani makan sebagaimana makan krupuk. Cocok jadi oleh-oleh.
Alen-alen yang bisa jadi camilan atau teman makan nasi. Rasanya gurih. --YouTube @Kominfo Trenggalek

6. Durian Ripto

Trenggalek juga dikenal dengan penghasil durian. Selain itu, Trenggalek juga mempunyai jenis duriannya sendiri, bernama durian ripto. Nama ripto berasal dari nama petani yang membudidayakan jenis durian ini.
Durian ripto yang sudah dibelah. Nama ripto berasal dari nama petani yang membudidayakan jenis durian ini. --YouTube @Durian Trenggalek

Durian ini mempunyai cota rasa yang unik. Berdaging tebal, dipadukan dengan rasa manis legit dan sedikit pahit yang seimbang. Di musim. Di musim panen durian jenis ini menjadi incara para pencita durian. (*)

*) Mahasiswa UIN SATU Tulungagung yang sedang melaksanakan program magang reguler di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: