Segera Diterbitkan Kemenag, Begini Logo Hari Santri 2024 dan Makna Filosofinya

Segera Diterbitkan Kemenag, Begini Logo Hari Santri 2024 dan Makna Filosofinya

Logo Hari Santri 2024--kemenag.go.id

HARIAN DISWAY – Puncak Peringatan Hari Santri 2024 akan dilaksanakan di Jakarta pada 22 Oktober 2024 mendatang.

Kementerian Agama (Kemenag) dijadwalkan akan merilis logo, tema, dan theme song (lagu tema) peringatan Hari Santri Nasional pada Rabu, 09 Oktober 2024.

Kementerian Agama mengajak segenap masyarakat untuk mengenang kembali perjuangan ulama dan santri dalam mengusir penjajah sekaligus mempertahankan kemerdekaan Indonesia.  

Dirjen Pendidikan Islam Prof. Abu Rokhmad menjelaskan bahwa 22 Oktober yang dicanangkan sebagai Hari Santri Nasional tersebut mengawali perjuangan 10 November (Hari Pahlawan). 

Berikut logo beserta filosofinya:


Logo Hari Santri 2024--kemenag.go.id

 

1. Santri Berlari dengan Mengangkat tangan

Melambangkan semangat juang yang tak kenal lelah. Gerakan berlari mengindikasikan progres dan dinamika, sedangkan tangan yang terangkat melambangkan harapan, optimisme, serta tekad untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

Ini juga bisa diartikan sebagai usaha kolektif untuk bangkit bersama sejalan dengan semangat Hari Santri yang mengedepankan perjuangan, kerja sama, dan tekad yang kuat.

BACA JUGA:Kemenag Siap Gelar Religion Festival untuk Sambut Hari Santri 2024

BACA JUGA:Kemenag Beri Izin Resmi untuk 100 Pesantren, Berikut Daftarnya!

2. Bentuk Tali yang Melilit

Tali yang melilit melambangkan keterhubungan dan kesinambungan antar generasi dalam meneruskan perjuangan serta nilai-nilai yang diwariskan dari para pendahulu. Tali juga melambangkan persatuan, kekuatan yang terikat erat, dan ketahanan dalam menghadapi tantangan masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: