Menparekraf Dukung Kolaborasi Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional

Menparekraf Dukung Kolaborasi Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional

Sandiaga Uno dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah dirangkaikan dengan Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Senin, 7 Oktober 2024.--Dok. Kemenparekraf

HARIAN DISWAY - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mendukung beragam upaya kolaboratif dan koordinatif guna mempercepat implementasi Perpres Nomor 19 Tahun 2024 tentang Pengembangan Industri Gim Nasional.

"Rencananya, pada 2025, pada masa pemerintahan berikutnya akan digelar acara Indonesia Game Week 2025. Mencakup Indonesia Games Festival, IGDX Career, Cyber Games Initiatives dan Gameprime. Rangkaian acara itu akan diselenggarakan pada 8-17 Agustus 2025," ujar Sandiaga dalam rapat koordinasi di Gedung Sasana Bhakti Praja, Jakarta, Senin, 7 Oktober 2024.

Selain itu, pemerintah juga akan fokus menerapkan ulang kebijakan mengenai gim yang dilakukan oleh Jerman dan Jepang pada 15 tahun lalu. Di antaranya, Indonesia akan mulai mengadakan acara gim dengan skala nasional sampai internasional agar dapat menarik perhatian global serta menjadi wadah kolaborasi.

BACA JUGA:Jokowi Komentari Ambisi Prabowo Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi RI 8 Persen


Manparekraf Sandiaga Uno mendukung beragam upaya kolaboratif dan koordinatif guna mempercepat implementasi Perpres Nomor 19 Tahun 2024 tentang Pengembangan Industri Gim Nasional.--Dok. Kemenparekraf

Indonesia dapat belajar dari Jerman yang telah sukses menjadi tuan rumah Gamescom, pameran dagang gim terbesar di dunia sejak tahun 2009. Gamescom berperan penting dalam menarik investasi, mempertemukan developer, dan memamerkan inovasi gim.

Mengenai hal tersebut, pemerintah Jerman juga akan aktif mendukung industri gim dengan memberikan pendanaan, insentif pajak, serta program pendidikan.

Sementara itu, Indonesia juga dapat belajar dari Jepang terkait komersialisasi Intellectual Property (IP). Jepang mempunyai banyak IP gim yang besar dan mendunia. Seperti Mario, Pokémon, dan Final Fantasy.

BACA JUGA:AHY Raih Gelar Doktor PSDM Unair, Persembahkan untuk Sang Ibu, Ani Yudhoyono

Berdasarkan Grand View Research, pertumbuhan industri gim nasional global akan terus melambung tinggi dengan pangsa pasar yang mencapai 504,28 miliar dolar AS pada 2030. Jumlah tersebut meningkat  sebesar 69,7 persen dibandingkan pasar gim pada tahun 2024.

Karenanya, Menparekraf menekankan pentingnya implementasi Perpres 19/2024 agar dapat mendorong ekosistem gim lokal guna mampu menguasai 70 persen pasar dalam negeri serta meningkatkan pemanfaatan gim lokal oleh kementerian/lembaga (K/L), Pemda, BUMN, BUMD, institusi pendidikan, serta mengaktivasi Rencana Aksi Daerah untuk pengembangan gim lokal.

Pemerintah juga telah mengkurasi sebanyak 8 gim lokal seperti  Paw Rumble, Loka Pala, Warteg Gelora, Masuk Pak Eko, Clacker Master, Dread Haunt, Kejora, dan Selera Nusantara untuk didorong pada kegiatan HARGAI (Hari Game Indonesia) Bangga Main Gim Lokal.

Pada bulan Agustus 2024 juga telah diselenggarakan berbagai promosi gim lokal yang telah terkurasi melalui kanal online maupun offline.

BACA JUGA:Kemenag Gagas Peringatan Hari Santri 2024 dengan Tema Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: