Tanpa Istana Garuda, Jokowi Resmikan Istana Negara di IKN

Tanpa Istana Garuda, Jokowi Resmikan Istana Negara di IKN

Sebelum peresmian Istana Negara, terlebih dahulu dilakukan penyerahan Sertifikat Istana Negara oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. --Sekretariat Negara

HARIAN DISWAY - Menjelang sembilan hari masa jabatannya berakhir, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Jumat, 11 Oktober 2024. Ia didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Secara simbolik, Jokowi menekan tombol sirine sebagai tanda untuk meresmikannya. “Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara,” ucap Jokowi. 

Sebelum peresmian, terlebih dahulu dilakukan penyerahan Sertifikat Istana Negara oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

BACA JUGA: Jokowi Resmikan RS Hermina di IKN, Fasilitas Seperti Hotel Bintang 5

Sertifikat Istana Negara terdaftar dengan nomor Sertifikat Hak Pakai nomor 11 dengan nomor induk bidang elektronik No. 1484 atas nama Pemerintah Republik Indonesia .Jokowi pun menandatangani prasasti sebagai bentuk peresmian paten oleh presiden.

Peresmian Istana Negara itu tampak dihadiri oleh sejumlah pejabat. Yakni Ketua MPR RI Ahmad Muzani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Ada pula Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Investasi Rosan Roeslani, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Akan Resmikan Istana Negara dan Faskes di IKN Hari Ini

Hadir Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Pj. Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Akmal Malik, dan Pimpinan Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra.

Juga Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk Novel Arsyad. Tampak pula Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Agung Budi Waskito, dan Perancang Istana Garuda dan Istana Negara IKN seniman I Nyoman Nuarta. 

Sebenarnya pada hari itu pula Jokowi diagendakan akan meresmikan Istana Negara bersamaan dengan Istana Garuda. Namun, karena Istana Garuda masih dalam proses penyelesaian, maka Istana Negara diresmikan terlebih dahulu.

BACA JUGA:Jokowi Sarankan Keppres IKN Diteken Prabowo, Begini Respons Gerindra

“Karena Istana Garuda saat ini masih dalam proses finishing dan dimungkinkan masih memakan waktu satu bulan ke depan, maka pada hari ini saya akan meresmikan Istana Negara terlebih dahulu," katanya.

"Nanti Istana Garuda akan diresmikan oleh Presiden Prabowo Subianto,” ungkapnya. Istana Garuda diproyeksikan selesai pada bulan depan. Dengan demikian, IKN semakin siap untuk dihuni di pemerintahan Prabowo-Gibran periode 2024-2029 nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: