Menhub Pastikan Rel Layang Simpang Solo Bakal Beroperasi Mulai 1 November 2024

Menhub Pastikan Rel Layang Simpang Solo Bakal Beroperasi Mulai 1 November 2024

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat Meninjau Pembangunan Rel Layang Simpang Joglo di Kota Solo pada Minggu, 13 Oktober 2024.--Dok. Kemenhub

HARIAN DISWAY - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan bahwa jalur kereta api Simpang Joglo di Solo, Jawa Tengah, dapat beroperasi paling lambat pada 1 November 2024, setelah tes beban yang dijadwalkan pada 23 dan 24 Oktober.

Pernyataan tersebut ia disampaikan saat meninjau progres pembangunan jembatan rel kereta api layang di Simpang Joglo, Solo, pada Minggu, 13 Oktober 2024.

Menhub memeriksa progres pembangunan rel kereta api layang Simpang Joglo dengan menaiki kereta lori dari Stasiun Kadipiro.

Ia menyatakan bahwa rel tersebut sudah siap digunakan, tetapi akan ada uji beban untuk memenuhi persyaratan.

BACA JUGA:Jembatan KA Simpang Joglo Ditargetkan Selesai September 2024, Menhub: Bisa Jadi Ikon Kota Solo

Menhub memeriksa progres pembangunan rel kereta api layang Simpang Joglo dengan menaiki kereta lori dari Stasiun Kadipiro. Ia menyatakan bahwa rel tersebut siap digunakan, namun uji beban tetap akan dilakukan untuk memenuhi persyaratan.

“Tadi kita sudah menggunakan lori, artinya lintasan dari arah Semarang-Solo praktis sudah bisa. Namun untuk memastikan daya dukung sesuai persyaratan yang berlaku, kami bekerja sama dengan PU untuk melakukan tes beban pada 23 dan 24 Oktober. Apabila tes beban dapat dilakukan, maka operasional paling lambat dilakukan 1 November,” tutur Budi.


Potret kondisi terkini rel layang di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo.--Dok. Kemenhub

Sebelumnya, kereta api yang melintas di Simpang Joglo, dengan 7 simpang sering menyebabkan kemacetan panjang dan kecelakaan. Dengan adanya rel kereta api layang ini, Menhub berharap kemacetan di Simpang Joglo dapat terurai dan keselamatan meningkat.

BACA JUGA:Jembatan Kereta Api Simpang Joglo Solo Beroperasi Juni 2024, Teknologi Pertama Buatan Anak Bangsa

“Jembatan ini memiliki dua fungsi, satu fungsi fungsional, di sini pusat dari kemacetan, ada 7 jalur yg melintas di sini. Dengan adanya elevated (layang) dan underpass maka jalurnya seperti layaknya simpang 4 buka simpang 7,” ujar Menhub.

Adapun setelah mengecek pembangunan jembatan rel kereta api layang di Simpang Joglo, Solo, Menhub melanjutkan kunjungan kerja ke Stasiun Klaten yang saat ini sedang dilakukan beautifikasi.

Per 10 Oktober 2024, progres pengerjaan beautifikasi Stasiun Klaten telah mencapai 80,52%. Pekerjaan mencakup hall utama, fasilitas umum, mushala, toilet, hall ticketing, selasar dan peron, ruang tunggu luar, ruang kantor, bangunan ekspedisi, kantong parkir, lanskap, area parkir, serta bekas rumah dinas.

BACA JUGA:Kemenag Tepis Isu soal Larangan Pernikahan di Hari Libur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: