Menhub Pastikan Rel Layang Simpang Solo Bakal Beroperasi Mulai 1 November 2024

Menhub Pastikan Rel Layang Simpang Solo Bakal Beroperasi Mulai 1 November 2024

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat Meninjau Pembangunan Rel Layang Simpang Joglo di Kota Solo pada Minggu, 13 Oktober 2024.--Dok. Kemenhub

Stasiun Klaten sendiri merupakan bagian jalur kereta api pertama di Indonesia yang diresmikan pada 9 Juli 1871 serta menjadi stasiun pertama yang dibangun di antara Solo-Jogja.

Ia juga menambahkan, beautifikasi Stasiun Klaten dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, mengingat stasiun ini adalah salah satu titik aglomerasi antara Solo hingga Purworejo.

Lainnya, Budi mengatakan untuk kedepannya naik turun penumpang kereta jarak jauh dan lokal akan dipisah.“Kita juga merencanakan membangun stasiun di seberang arah terminal, artinya stasiun yg sekarang ini akan untuk jarak jauh. Sedangkan yang sebelah Selatan untuk perjalanan lokal yang sehari mungkin bisa sampai 24 perjalanan,” ujarnya.

BACA JUGA:Respons Gibran soal Kader PDIP Dapat Jatah Menteri

Selain beautifikasi Stasiun Klaten, Menhub juga menyebut untuk mendukung konektivitas dan integrasi di Jawa Tengah, Kereta Bandara Adi Soemarmo akan melayani rute dari Madiun ke Bandara Adi Soemarmo.

“Kereta yang tadinya dari Solo menuju ke Klaten, akan pindah dari bandara ke Madiun, karena dari statistik, populasi Madiun lebih banyak,” pungkasnya.

 

*) Mahsiswa Magang Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Airlangga

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: