Jokowi Terima Kunjungan Pimpinan MPR, Bahas Pelantikan Hingga Kehadiran Pemimpin Dunia

Jokowi Terima Kunjungan Pimpinan MPR, Bahas Pelantikan Hingga Kehadiran Pemimpin Dunia

Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengungkapkan agenda pertemuan menjelang pelantikan Prabowo Subianto.-Anisha Aprilia-

Harian Disway- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Ketua MPR dan Wakil Ketua MPR periode 2024-2029 di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 14 Oktober 2024. 

Dalam agenda yang berlangsung secara terbuka ini, Ketua MPR Ahmad Muzani memperkenalkan delapan wakil pimpinan lembaga yang berasal dari berbagai fraksi serta kelompok DPD.

Para pimpinan yang diperkenalkan antara lain Bambang Wuryanto (Fraksi PDIP), Kahar Muzakir (Fraksi Golkar), Lestari Moerdijat (NasDem), Rusdi Kirana (PKB), Hidayat Nur Wahid (PKS), Eddy Soeparno (PAN), Edhie Baskoro Yudhoyono (Demokrat), dan Abcandra Muhammad Akbar Supratman (Kelompok DPD). 

BACA JUGA:Anies dan Ganjar Diundang Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Anies Siap Hadir Jika MPR Mengundang

BACA JUGA:Profil Abcandra Muhammad Akbar, Anak Menkumham yang Jadi Pimpinan Termuda MPR

Selain perkenalan, Ahmad Muzani juga menyerahkan undangan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, yang dijadwalkan berlangsung pada 20 Oktober 2024.  

“Saya mau menyerahkan undangan dan memperkenalkan diri,” ujar Muzani saat ditanya oleh wartawan. 

Selain mengundang presiden dan wakil presiden terpilih, MPR juga mengundang seluruh mantan presiden serta kandidat yang tidak terpilih dalam Pilpres 2024, termasuk Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. 

"Insyaallah, termasuk para kandidat calon presiden, sudah kami undang. Pak Anies dan Mas Ganjar dan para kandidat wakil presidennya sudah kami undang," kata Muzani 


Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Ketua MPR RI Ahmad Muzani, dan Wakil Ketua MPR RI Bambang Wuryanto yang digelar untuk memperkenalkan para pemimpin MPR sekaligus menyampaikan undangan pelantikan presiden yang akan dilaksanakan pada Minggu, 20 Oktob-ANTARA FOTO-

Ia juga mengatakan, bahwa MPR juga mengundang para pemimpin dunia untuk hadir di agenda tersebut, di antaranya para pemimpin negara sahabat di kawasan ASEAN dan mitra ASEAN.

"Sudah, cukup banyak jumlahnya, lagi terus dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri," ungkap Muzani saat menjawab pertanyaan tentang siapa saja kepala negara tetangga yang hadir.

Agenda pelantikan yang akan berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan. MPR memastikan bahwa persiapan sudah mencapai 90 persen, dengan banyak tamu telah mengkonfirmasi kehadiran.

BACA JUGA:Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden: 15.000 Personel Dikerahkan Ke Titik-Titik Strategis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: