Sidang Paripurna DPR RI Sahkan Herindra Jadi kepala BIN

Sidang Paripurna DPR RI Sahkan Herindra Jadi kepala BIN

Pimpinan DPR RI usai menyetujui Muhammad Herindra menjadi Kepala Badan Inteligen Negara (KaBIN) pada Rapat Paripurna ke-4 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025 di Senayan, Jakarta pada 17 Oktober 2024.--Dok. DPR RI

HARIAN DISWAY - Sidang Paripurna Ke-4 DPR RI Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025 menetapkan Muhammad Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), menggantikan Budi Gunawan yang sebelumnya menjabat posisi tersebut.

Rapat paripurna itu dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan berlangsung di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta Pusat, pada Kamis, 17 Oktober 2024.

Rapat dimulai dengan laporan dari Wakil Ketua DPR Bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam), Sufmi Dasco Ahmad, yang menyampaikan pertimbangan terkait pengangkatan Kepala BIN baru.

Selanjutnya, Dasco membacakan surat dari Presiden terkait pengangkatan Kepala BIN yang baru, serta menyampaikan laporan mengenai fit and proper test terhadap Herindra yang telah dilaksanakan sehari sebelumnya.

BACA JUGA:Puan Bantah Ada Konflik Internal Partai, Tegaskan PDIP Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran

BACA JUGA:Semakin Gemuk, DPR Tambah Dua Komisi dan Satu Badan, Puan: Untuk Sinergi Dengan Pemerintahan Baru

"Setelah mendengarkan pandangan dari fraksi-fraksi, Tim DPR ini memutuskan bahwa calon Kepala Badan Intelijen Negara, saudara Muhammad Herindra, layak sebagai Kepala Badan Intelijen Negara menggantikan saudara Budi Gunawan," jelas Dasco.

Puan melanjutkan dengan meminta persetujuan DPR untuk pengangkatan Herindra sebagai Kepala BIN yang baru.

"Apakah laporan Tim DPR RI yang memutuskan bahwa saudara Muhammad Herindra layak sebagai Kepala Badan Intelijen Negara menggantikan saudara Budi Gunawan dapat disetujui?" ujar Ketua DPR RI Puan Maharani.

Pertanyaan tersebut kemudian dijawab dengan persetujuan oleh seluruh anggota DPR RI dan perwakilan fraksi yang hadir dalam Rapat Paripurna, yang disambut dengan tepuk tangan.

BACA JUGA:Tak Gabung dalam Kabinet Prabowo-Gibran, Nasdem: Kami Bukan Oposisi

BACA JUGA:Perolehan Kursi Perempuan di DPR RI Tertinggi dalam Sejarah, Capai 127 Kursi

Sebelumnya, Herindra telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang dipimpin oleh Puan kemarin. Berdasarkan hasil tersebut, DPR menyepakati Herindra sebagai calon Kepala BIN.

"Hasil dari tim pertimbangan tersebut menyatakan Bapak Herindra sebagai satu-satunya calon Kepala BIN dinyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh Presiden yang akan datang, yaitu Presiden Prabowo Subianto," ucap Puan dalam keterangannya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: