Semakin Gemuk, DPR Tambah Dua Komisi dan Satu Badan, Puan: Untuk Sinergi Dengan Pemerintahan Baru

Semakin Gemuk, DPR Tambah Dua Komisi dan Satu Badan, Puan: Untuk Sinergi Dengan Pemerintahan Baru

etua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani seusai Rapat Pimpinan (Rapim) dan Rapat Konsultasi pertama yang dilakukan di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2024).-Runi/Andri-dpr.go.id

HARIAN DISWAY - Ketua DPR RI Dr. (HC) Puan Maharani mengungkapkan akan ada penambahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) sebagai bentuk kesiapan DPR RI dalam mengawal Pemerintahan baru Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029.

Hal tersebut diungkapkan seusai Rapat Pimpinan (Rapim) dan Rapat Konsultasi pertama yang dilakukan di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, pada Senin, 14 Oktober 2024.

“Tadi menyepakati bersama dengan delapan fraksi yang ada di DPR bahwa ada penambahan dua komisi di DPR untuk bisa kita ikut menyelaraskan atau menyinergikan dengan rencana dari pemerintah yang akan datang dengan penambahan kementerian-kementerian yang seperti direncanakan oleh pemerintah,” ujar Puan.

BACA JUGA: Nama-nama Kandidat Menteri Datangi Rumah Prabowo Subianto, Siapa Saja?

Ia mengatakan, mitra dari tiap komisi akan diumumkan setelah pemerintah pemilihan mengumumkan menterinya terlebih dahulu.

“Namun sampai sekarang, Komisi I sampai XI masih tetap, Komisi XII dan XIII nanti akan menyusul menyesuaikan seperti apa menteri yang akan diumumkan oleh Pemerintah yang akan datang,” tutur Politisi Fraksi PDI-Perjuangan tersebut.

BACA JUGA: Perolehan Kursi Perempuan di DPR RI Tertinggi dalam Sejarah, Capai 127 Kursi

BACA JUGA: PKS Berkomitmen untuk Gabung Pemerintahan Prabowo


Puan Maharani dalam Rapat Pimpinan dan Rapat Konsultasi pertama pasca pelantikan DPR RI.--Instagram @puanmaharaniri

Selain penambahan dua komisi, DPR RI akan menambah satu badan, yakni Badan Aspirasi Masyarakat.

Badan tersebut yang nantinya bertugas untuk menampung aspirasi masyarakat.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan setelah Rapim dan Bamus diselenggarakan, pimpinan AKD yang telah disepakati akan dilantik dalam Rapat Paripurna DPR RI yang digelar pada hari ini, Selasa, 15 Oktober 2024.

Dasco pun menyebut AKD di DPR RI sudah mulai efektif bekerja pada Rabu, 16 Oktober 2024. 

“InsyaAllah hari Selasa kami akan paripurnakan, dan Selasa itu juga kami akan secara maraton melantik pimpinan-pimpinan AKD,” tutur Politisi Fraksi Partai Gerindra ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: