Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Rute Sejuta Pesona di Jember dan Lumajang

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Rute Sejuta Pesona di Jember dan Lumajang

Juri akademisi APJW II 2024 Probo Darono Yakti melihat inovasi di Desa Pontang, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.-Vincentius Andito Dwijaya Bhakti-

SESUDAH penjurian hari ketiga di Sumberkokap, Bondowoso dan Sepanjang, Banyuwangi, kami berangkat malam hari menuju tujuan selanjutnya: Jember dan Lumajang.

Kami adalah tim dua penjurian Anugerah Patriot Jawi Wetan (APJW) II 2024, yang terdiri dari saya, Doan Widhiandono, Kasubditbinpolmas Ditbinmas Polda Jatim AKBP Saswito, Vincentius Andito, Probo Darono Yakti, dan asistennya, Reza Hasyim Zakarian Syah.

Kami lewat Alas atau Hutan Kumitir lagi. Seperti saat berangkat dari Bondowoso menuju Banyuwangi. Mengambil rute yang sama. 

Bertemu lagi dengan mobil dan truk-truk yang berjajar dan sering membuat macet. Tapi untung kami dikawal mobil backbone milik Polres Jember. Sehingga perjalanan relatif cepat.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tangguhnya Linmas Perempuan dan Pesona Desa Durian

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tari Singo Mbah Wulung dan Tari Jejer Gandrung

Di tengah perjalanan, Kasatbinmas Polresta Banyuwangi Kompol Toni Irawan SH, MH, mengajak kami untuk singgah dan makan malam terlebih dulu di Margo Utomo Hill di Banyuwangi.

Setelah bersantap malam, kami melanjutkan perjalanan menuju Jember. Memakan waktu 3 jam perjalanan. Cukup jauh. Apalagi dengan rute yang meliuk-liuk.

Hotel tempat kami menginap terletak di pusat Kota Jember. Namanya Grand Valonia. Esoknya, 3 Oktober 2024, pagi-pagi betul kami telah bangun dan sarapan. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Desa Pontang, Kecamatan Ambulu, Jember.

Jember merupakan daerah dengan sejuta pesona. Bukit-bukit hijau, areal persawahan yang subur, dan masyarakatnya yang ramah.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Trenggalek dan Pacitan Bersaing di Konservasi Penyu

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Pasuruan dan Situbondo Beradu Pesona Wisata Desa

Desa Pontang pun indah. Memasuki desa terdapat sawah-sawah milik warga. Empat mata angin terdapat bukit. Salah satu yang terbesar adalah Gunung Simpen. Di bukit tersebut terdapat wisata Hutan Gumuk Simpen yang pengelolaannya berdasarkan kemittaan antara Desa Pontang dan Pemkab Jember.

Di Balai Desa Pontang, kami disambut tiga pilar. Terdapat pertunjukan reyog Ponorogo. Desa tersebut memiliki dua kelompok reyog yang cukup dikenal: Singo Mudho dan Singo Budoyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: