Presiden Prabowo Tidak Melantik Mayor Teddy Indra Wijaya sebagai Sekretaris Kabinet, Kenapa?

Presiden Prabowo Tidak Melantik Mayor Teddy Indra Wijaya sebagai Sekretaris Kabinet, Kenapa?

Mayor Teddy yang menjabat Sekretaris Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto, tak perlu pensiun dari TNI AD. Kenapa?-Dok. Sekretariat Keperesidenan-

HARIAN DISWAY - Dalam pelantikan 53 menteri yang dilantik Presiden Prabowo Subianto, nama Mayor Teddy Indra Wijaya tidak dilantik sebagai Sekretaris Kabinet. Teddy terlihat menjalankan tugasnya sebagai ajudan di belakang Prabowo.

Meskipun sudah hadir dengan pakaian yang senada dengan para menteri dan pejabat menteri yang hadir yaitu setelan jas hitam dengan dasi berwarna biru langit. Tetapi yang menarik, jumlah jajaran menteri tidak berubah tetap 53.

Karena ada nama pengganti Teddy yakni Luhut Binsar Pandjaitan sebagai ketua Dewan Ekonomi Nasional (DEN). Namun, hingga saat ini, belum ada penjelasan resmi dari Istana Negara atau Partai Gerindra mengenai status Teddy.

BACA JUGA: Lima Ketua Umum Parpol Isi Pos Penting di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

BACA JUGA: Prabowo Bagi Kemendikbud Jadi 3 Kementerian, Berikut Daftar Menterinya

Pengumuman bahwa Teddy akan menjabat sebagai Sekretaris Kabinet sebelumnya menimbulkan sorotan. Mengingat statusnya sebagai perwira aktif militer. Sesuai aturan, jika ingin menduduki jabatan tersebut, Teddy seharusnya mengajukan pensiun dini.

Namun, informasi terbaru menunjukkan bahwa posisi Sekretaris Kabinet kini berada di bawah Kementerian Sekretaris Negara (Mensesneg), sehingga jabatan ini bukan lagi setingkat menteri. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan.

Bahwa posisi Seskab kini berada di bawah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). "Untuk Sekretaris Kabinet sekarang ini struktur dan komposisinya berubah. Sekretaris Kabinet itu ada sekarang di bawah Mensesneg, jadi bukan setingkat menteri," katanya.

BACA JUGA: Prabowo Lantik 109 Orang Menteri Pagi Ini

BACA JUGA: Ajudan Prabowo Subianto Mayor Teddy Indra Wijaya Resmi Dilantik sebagai Sekretaris Kabinet Merah Putih

Kepada wartawan, Senin, 21 Oktober 2024, Dasco mengatakan hal itu telah diatur dalam Perpres. Dengan begitu, Mayor Teddy tidak perlu pensiun dari TNI. Seskab pada emerintahan Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) berposisi setara dengan menteri.

Jabatan Seskab di era Jokowi dijabat oleh Pramono Anung yang merupakan politikus senior PDIP. Dengan demikian, meskipun Teddy tidak dilantik, perubahan ini memberikan kejelasan tentang perannya di dalam pemerintahan Prabowo. 

*) Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Peserta Magang Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: