Lima Ketua Umum Parpol Isi Pos Penting di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Lima Ketua Umum Parpol Isi Pos Penting di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Kementerian baru yang dipecah di Kabinet Merah Putih era Prabowo-Gibran.--Youtube Sekretariat Presiden

HARIAN DISWAY - Presiden Prabowo mengumumkan  jajaran menteri yang akan membantunya di Kabinet Merah Putih. Terlihat sejumlah ketua umum partai politik masuk dalam kabinet kepemimpinan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Pengumuman nama nama menteri itu disampaikan Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta pada Minggu, 20 Oktober 2024 dan dilantik pada Senin, 21 Oktober 2024. 

Dari 109 nama menteri dan wakil menteri yang diumumkan, ada lima ketua umum partai politik yang ditunjuk Prabowo untuk jadi menterinya. Dari berapa nama ketum parpol yang ada di kabinet tersebut, tiga di antaranya mengisi kursi Menteri Koordinator.

BACA JUGA:Prabowo Lantik 109 Orang Menteri Pagi Ini

  • Menteri Koordinator Pangan (Zulkifli Hasan)

Zulkifli Hasan atau akrab disapa Zulhas adalah Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Sebelum didapuk menjadi Menko bidang Pangan di Kabinet Merah Putih, Zulhas menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo.

  • Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat (Abdul Muhaimin Iskandar)

Sosok yang kerap disapa Cak Imin ini merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Cak Imin sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia pada 2009 hingga 2014.

BACA JUGA:Prabowo Bagi Kemendikbud Jadi 3 Kementerian, Berikut Daftar Menterinya

  • Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Bahlil Lahadalia)

Bahlil merupakan Ketua Umum Partai Golkar. Di era pemerintahan Jokowi, Bahlil sempat ditugaskan dalam Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM dan menjadi Menteri ESDM.

  • Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan (Agus Harimurti Yudhoyono)

AHY merupakan Ketua Umum Partai Demokrat. AHY sempat menjabat sebagai MEnteri ATR/Kepala BPN di Kabinet Indonesia Maju pada masa pemerintahan Jokowi periode kedua.

  • Wakil Menteri Sosial (Agus Jabo Priyono)

Agus Jabo merupakan Ketua Umum Partai Prima. Agus Jabo akan membantu Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang ditunjuk Prabowo sebagai Menteri Sosial.

*) Mahasiswa Politeknik Negeri Malang, peserta program magang reguler Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: