Khofifah Wadahi Aspirasi Nelayan Muncar, Dorong Perluasan TPI dan Pembangunan Pemecah Gelombang

Khofifah Wadahi Aspirasi Nelayan Muncar, Dorong Perluasan TPI dan Pembangunan Pemecah Gelombang

Khofifah Siap Wadahi Aspirasi Nelayan Muncar, Dorong Perluasan TPI dan Pembangunan Pemecah Gelombang.-Tim Khofifah Indar Parawansa-

BANYUWANGI, HARIAN DISWAY – Calon Gubernur Jawa Timur Nomor Urut 2, Khofifah Indar Parawansa, menerima berbagai aspirasi dan masukan dari ribuan nelayan saat berkunjung ke Pasar Ikan Brak Kalimoro, Tembokrejo, Muncar, BANYUWANGI, pada Senin, 21 Oktober 2024.

Kunjungan itu dihadiri oleh nelayan, pedagang, dan pembeli ikan yang mengikuti forum dialog yang dirancang untuk menampung keluhan serta harapan mereka.

Dalam pertemuan tersebut, para nelayan mengungkapkan beberapa kebutuhan mendesak, termasuk perluasan pasar ikan, pembangunan penambatan perahu, dan pemohonan untuk pembangunan breakwater (pemecah gelombang) guna melindungi kapal-kapal dari ombak.

Menanggapi aspirasi tersebut, Khofifah meminta para nelayan untuk merumuskan kebutuhan prioritas mereka, seperti reklamasi untuk memperluas kawasan pasar ikan dan membangun pemecah ombak.

“Kami pagi ini mengawali kunjungan ke Pasar Ikan Brak Kalimoro di kawasan Muncar. Kita di sini banyak menerima aspirasi dari nelayan. Diantaranya kebutuhan perluasan pasar, bahkan tadi ada yang mengusulkan untuk reklamasi, kemudian juga butuh penambatan kapal karena volumenya kapal yang sandar di sini memang besar,” ujar Khofifah.

BACA JUGA:Khofifah ke Bangkalan, Kunjungi Sentra Produksi Batik Tanjung Bumi

BACA JUGA:Khofifah Puji Pencapaian Jokowi dan Sambut Optimistis Pemerintahan Prabowo-Gibran

Khofifah menambahkan, semua masukan dari nelayan di Muncar akan diakomodir, dan meminta mereka untuk membentuk tim guna menghitung kebutuhan yang disampaikan, termasuk panjang dan ukuran breakwater serta item-item yang diperlukan untuk perluasan pasar.

Dengan adanya perhitungan tersebut, diharapkan pemenuhan kebutuhan bisa dilakukan secara efektif.

“Dari hitungan mereka nanti akan sangat berpengaruh pada anggaran. Apakah nanti bisa dianggarkan langsung oleh Pemprov Jatim ataukah nanti tidak menutup kemungkinan kita juga komunikasikan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan,” tegasnya.

Selain mendengarkan aspirasi, Khofifah juga mendorong hilirisasi sektor perikanan, yang dapat memberikan nilai tambah bagi hasil tangkapan nelayan. “Hilirisasi harus didorong. Makin kita bisa mendorong hilirisasi maka akan lebih signifikan nilai tambah bisa didapatkan nelayan,” pungkasnya.

Penyambutan Khofifah oleh nelayan di Pasar Ikan Muncar berlangsung meriah, dengan semangat tinggi dari para nelayan yang siap mendukung kemenangan Khofifah untuk periode kedua.

Hal itu menunjukkan keyakinan mereka terhadap kemajuan sektor perikanan Jawa Timur yang telah berlangsung selama lima tahun terakhir di bawah kepemimpinan Khofifah-Emil. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: