Didampingi BRI dalam Program Desa BRILiaN, UMKM Ubi Jalar Rasakan Dampak Positif

Didampingi BRI dalam Program Desa BRILiaN, UMKM Ubi Jalar Rasakan Dampak Positif

Dengan pendampingan dan pembiayaan dari BRI, UMKM milik Sayat ini merasakan dampak positifnya. Yakni bisa meningkatkan kualitas produk, memperluas pasar, serta memberdayakan masyarakat lokal. --BRI

JAKARTA, HARIAN DISWAY – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat komitmennya dalam mendorong pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui berbagai inisiatif strategis. 

Salah satu bentuk dukungan tersebut diwujudkan melalui penyelenggaraan Bazaar UMKM BRILiaN di Area Taman BRI, Jakarta, pada Jumat, 18 Oktober 2024. Salah seorang yang mengikutinya adalah Sayat.

Ia merupakan salah satu UMKM binaan BRI yang menghasilkan produk unggulan dari Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, yaitu Keripik Ubi Jalar.  Produk yang merupakan bagian dari Program Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).

BACA JUGA: Hanya Tiga Hari! BRI Cabang Prabumulih Buka Layanan Weekend untuk Nasabah

Keripik Ubi Jalar dari Kubu Raya merupakan inovasi lokal yang memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah di daerah tersebut. Pengembangan produk ini berawal dari kondisi harga ubi jalar yang terus menurun.

Itu mendorong para pelaku UMKM untuk menciptakan nilai tambah melalui pengolahan produk mentah menjadi camilan bernilai tinggi. Dengan pendampingan dan pembiayaan dari BRI, UMKM ini merasakan dampak positifnya.

Yakni bisa meningkatkan kualitas produk, memperluas pasar, serta memberdayakan masyarakat lokal, khususnya ibu-ibu rumah tangga yang berperan dalam proses produksi.

BACA JUGA: Mumpung Oktober, Nikmati KUR BRI dengan Syarat Mudah dan Proses Cepat

Produk keripik berbahan baku ubi jalar dibanderol Rp 10 ribu per kemasan. Selain berpartisipasi dalam bazaar ini, UMKM Keripik Ubi Jalar dari Kubu Raya ini juga merasakan manfaat dari program Desa BRILiaN.
Selain berpartisipasi dalam bazaar, UMKM Keripik Ubi Jalar dari Kubu Raya milik Sayat ini merasakan manfaat dari program Desa BRILiaN. Program yang memberikan mereka akses pasar yang lebih luas melalui platform digital dan dukungan pemasaran yang diberik--BRI

Program yang memberikan mereka akses pasar yang lebih luas melalui platform digital dan dukungan pemasaran yang diberikan oleh BRI. Dukungan tersebut tidak hanya berupa pembiayaan.

Tetapi kemudahan transaksi melalui BRImo dan sistem pembayaran digital berbasis QRIS yang membantu memperlancar operasional bisnis. Mantri pendamping juga secara aktif memberikan edukasi.

BACA JUGA: Yuk Buka Tabungan BRI Junio dan Rasakan Keuntungannya untuk Anak dan Orang Tua

Mengenai kemudahan dan pentingnya melakukan transaksi secara digital,” ujar Sayat. “Alhamdulillah sampai saat ini kami didampingi oleh BRI, khususnya mantri untuk bisa mendapatkan link promosi dan penjualan produk kami”, ujarnya.

Ia berharap BRI dapat terus menjadi mitra UMKM Indonesia. “Harapan saya BRI dapat terus menjalin sinergi dengan kami pelaku usaha di desa agar bisa berkembang,” jelasnya.
Penyelenggaraan Bazaar UMKM BRILiaN di Area Taman BRI, Jakarta, pada Jumat, 18 Oktober 2024. Salah satu yang mengikutinya adalah Sayat. --

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: