Kejar Target Swasembada Pangan, Ini Strategi Mentan Amran Sulaiman

Kejar Target Swasembada Pangan, Ini Strategi Mentan Amran Sulaiman

Kembali Menjabat sebagai Menteri Pertanian, Amran Optimistis Capai Swasembada Pangan-Kementan-

Luas areal lahan pertanian di Kalimantan Tengah sekitar 500 ribu ha diproyeksikan menghasilkan minimal dua kali panen dengan produktivitas 5 ton per ha. Dengan produktivitas sebesar itu, Kementan memastikan defisit pangan dapat diatasi.

Amran menambahkan, Kementan menargetkan kurang dari empat tahun maka swasembada pangan akan dicapai Indonesia. Hal itu merupakan program unggulan dari Presiden Prabowo Subianto yakni menyukseskan swasembada pangan pada periode 2025-2029.

Kementan optimistis untuk melakukan hal tersebut dan dapat tercapai sesuai target atau mandat yang diberikan Presiden Prabowo. "Kami akan berupaya keras mencapai target itu (swasembada pangan) dalam empat tahun. Bila perlu sebelum empat tahun," kata Amran.

Mentan juga memastikan akan mewujudkan Indonesia yang berdaulat pangan. Hal itu sesuai arahan Presiden Prabowo pada Kabinet Merah Putih 2024-2029, setelah swasembada tercapai maka Indonesia harus melanjutkan menuju berdaulat pangan. Indonesia mesti bisa menggapai kedaulatan guna mengurangi ketergantungan impor pangan.

"Sekarang bukan apa yang dilakukan, tapi apa yang sudah dilakukan. Kami sudah buat solusi cepat menuju swasembada serta memitigasi risiko dan defisit pangan," tandas Amran.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: