Mengenal Oktoberfest, Festival Tradisional Jerman, Eksis sejak 1810

Mengenal Oktoberfest, Festival Tradisional Jerman, Eksis sejak 1810

Meriahnya suasana Oktoberfest di Munich Jerman--Hotel Night

HARIAN DISWAY - Bulan Oktober adalah bulan yang istimewa bagi masyarakat Jerman. Pada bulan itu, mereka merayakan Oktoberfest. Yakni festival rakyat yang lahir di Munich. Lekat dengan sejarah panjang dan tradisi minum bir.

Festival itu bermula pada 1810, Oktoberfest pertama kali digelar sebagai perayaan pernikahan Putra Mahkota Ludwig (yang kelak menjadi Raja Ludwig I) dengan Putri Therese dari Sachsen-Hildburghausen.

Sebagai bentuk penghormatan, taman tempat acara itu berlangsung diberi nama Theresienwiese atau “Lapangan Therese,” dan sejak itu menjadi lokasi tetap festival tahunan tersebut.

Dulu, Oktoberfest lebih mirip pesta rakyat sederhana dengan perlombaan kuda sebagai atraksi utama. Kini, festival yang berlangsung selama sekitar dua minggu itu menarik pengunjung dari seluruh dunia, menjadikannya salah satu pesta terbesar di dunia.

BACA JUGA:Prost!, Semua Bersulang dalam Oktoberfest Khas Jerman

BACA JUGA:Serunya Kompetisi, Hiburan, dan Talenta Muda dalam Tiga Hari Penuh Aksi dalam Mogman Festival 2024


Para pengunjung bersulang dengan gelas-gelas besar berisi bir ketika Oktoberfest--Daily Mail

Walau namanya Oktoberfest, perayaan itu dimulai pada pertengahan September untuk memanfaatkan cuaca awal musim gugur yang lebih bersahabat dibandingkan akhir Oktober.

Selain bir yang menjadi pusat dari Oktoberfest, festival itu juga memanjakan para pengunjung dengan sajian khas Bavaria seperti pretzel raksasa, wiener schnitzel, dan beragam jenis sosis. Semua disiapkan demi menambah pengalaman autentik bagi para tamu.

Hanya bir yang diproduksi di dalam kota Munich dan memenuhi standar khusus saja yang boleh disajikan di sana. Pada setiap festival, jutaan liter bir mengalir bebas. Disuguhkan dalam gelas besar berukuran satu liter.

Pakaian tradisional juga menambah semarak Oktoberfest. Pengunjung mengenakan Lederhosen (celana kulit khas Bavaria) bagi pria dan Dirndl bagi wanita.

BACA JUGA:Untuk Kenyamanan Jakarta Running Festival 2024, Dishub DKI Jakarta Siapkan 9 Kantong Parkir, Berikut Daftar Lokasinya

BACA JUGA:Mengenal Buzz Youth Fest, Festival Musik yang Hadirkan Sheila On 7 ke Surabaya


Tong-tong bir yang dipersiapkan di Oktoberfest Munich Jerman--pinterest

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: