Arus Petikemas di Terminal Petikemas Surabaya hingga Oktober 2024 Naik Signifikan
Kegiatan di lapangan penumpukan TPS--Humas PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS)
HARIAN DISWAY - Arus peti kemas di PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dari Januari hingga Oktober 2024 mengalami kenaikan sebesar 9,77 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Pada Oktober 2023, total arus peti kemas tercatat sebesar 1.193.587 TEUs, sementara pada Oktober 2024 meningkat menjadi 1.310.235 TEUs. Peningkatan ini didorong oleh sektor peti kemas internasional.
Sektor itu naik 9,41 persen dari 1.138.336 TEUs pada 2023 menjadi 1.245.498 TEUs pada 2024. Sedangkan arus peti kemas domestik tumbuh 17,17 persen, dari 55.251 TEUs pada 2023 menjadi 64.737 TEUs pada 2024.
Dalam hal perbandingan arus peti kemas ekspor dan impor, pada periode Januari hingga Oktober 2024, peti kemas ekspor berjumlah 615.078 TEUs atau 49 persen dari total, sementara peti kemas impor mencatatkan 630.420 TEUs atau 51 persen.
BACA JUGA: Arus Peti Kemas di TPS Surabaya Meningkat 10,35% di Triwulan Ketiga 2024
Persentase ini tidak berubah dibandingkan periode yang sama pada 2023, di mana ekspor menyumbang 49 persen (561.458 TEUs) dan impor mencapai 51 persen (576.878 TEUs).
Selain itu, jumlah kunjungan kapal hingga Oktober 2024 juga mengalami peningkatan sebesar 2,21 persen, dengan total 1.018 kunjungan kapal dibandingkan 996 kunjungan pada 2023.
Dari sisi month on month, arus peti kemas pada Oktober 2024 tercatat naik 5,11 persen (143.193 TEUs) dibandingkan dengan September 2024 (136.230 TEUs).
Kenaikan ini didorong oleh kontribusi peti kemas internasional yang tercatat 136.937 TEUs dan domestik 6.256 TEUs pada Oktober 2024, dibandingkan dengan September 2024 yang masing-masing tercatat 130.348 TEUs dan 5.882 TEUs.
BACA JUGA: Jelang Akhir Tahun 2024, PT TPS Raih Penghargaan BUMN Branding and Marketing Award
BACA JUGA: Stunting Takluk di Krembangan: TPS, PHC, dan Pemkot Surabaya Bersatu Padu!
Direktur Utama TPS, Wahyu Widodo, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh semua pihak, khususnya para pelanggan, kepada TPS.
Ia menjelaskan bahwa komunikasi yang intens dengan pelanggan, inovasi melalui pemanfaatan teknologi informasi, serta pengembangan sumber daya manusia di TPS, yang merupakan garda utama dalam menjaga layanan prima, terus dilakukan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: