TPS Luncurkan Layanan Baru North China Indonesia, Perkuat Konektivitas Ekspor Jawa Timur

TPS Luncurkan Layanan Baru North China Indonesia, Perkuat Konektivitas Ekspor Jawa Timur

TPS luncurkan layanan NCI untuk perkuat konektivitas logistik internasional. MV Kota Sejati jadi kapal perdana yang bersandar di Surabaya..-TPS-TPS

HARIAN DISWAY – Memasuki awal Semester II Tahun 2025, PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) kembali menunjukkan komitmen kuat dalam meningkatkan layanan logistik maritim dengan meluncurkan rute pelayanan baru bernama North China Indonesia (NCI).

Layanan ini merupakan kerja sama strategis antara TPS dengan tiga perusahaan pelayaran ternama, yaitu Pacific International Lines (PIL), X-Press Feeders, dan HMM.

Rute ini menghubungkan Indonesia dengan pelabuhan-pelabuhan besar di Tiongkok Utara, seperti Tianjin, Qingdao, dan Xiamen, serta transit di Singapura, Jakarta, dan Surabaya.

Kapal perdana yang melayani rute ini adalah MV. Kota Sejati Voyage 0520N, yang bersandar di dermaga internasional TPS pada Selasa, 8 Juli 2025, disambut oleh jajaran manajemen TPS dan mitra strategis.

BACA JUGA:TPS akan Terapkan Terminal Booking System (TBS) untuk Efisiensi Operasional dan Distribusi Logistik

BACA JUGA:Mitigasi Cyber Attack, TPS Gelar Webinar tentang IT

Layanan Baru yang Perkuat Direct Vessel dan Kemitraan Strategis

Direktur Operasi TPS, Noor Budiwan, menyatakan bahwa kehadiran layanan NCI diharapkan dapat memperkuat jaringan direct vessel yang andal dan fleksibel di kawasan ini, sekaligus memberikan lebih banyak pilihan layanan kepada pelanggan.

“Layanan ini juga menjadi wujud kepercayaan dari mitra strategis seperti PIL, X-Press Feeders, dan HMM. Kami akan terus menjaga dan meningkatkan kualitas layanan sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan tersebut,” ujar Noor saat menyambut kedatangan kapal perdana.

One Stop Terminal Services & Digitalisasi Andalan TPS

TPS menawarkan layanan terpadu atau “one stop terminal services”, yang melibatkan koordinasi dengan instansi seperti Bea Cukai dan Karantina, sehingga mempercepat proses logistik.

Selain itu, digitalisasi layanan menjadi salah satu andalan TPS dalam menjamin efektivitas, efisiensi, dan transparansi operasional. Upaya ini sejalan dengan komitmen TPS untuk memenuhi empat aspek utama kebutuhan pelanggan:

  • Speed of Service
  • Reliability
  • Accuracy
  • Safety & Security
  • Kolaborasi Kuat dengan PIL dan Mitra Strategis

BACA JUGA:TPS Raih Penghargaan Indonesia DEI & ESG Awards 2025 untuk Program Anti-Korupsi

BACA JUGA:SPTP dan TPS Dirikan Bank Sampah, Wujud Program Kolaboratif Peduli Lingkungan

Kehadiran layanan NCI juga mendapat apresiasi dari Sujeeva Salwatura, Presiden Direktur PIL Indonesia, yang menyatakan bahwa peluncuran rute ini di Surabaya semakin memperkuat jaringan konektivitas PIL di Indonesia.

“Kami sangat senang bisa meningkatkan kolaborasi dengan TPS, yang selama ini memberikan dukungan profesional serta berkontribusi dalam menciptakan efisiensi operasional,” ujarnya saat menghadiri acara penyambutan kapal perdana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: