Refleksi Hari Guru: Sapi Makan Martabak hingga Tak Bisa Matematika Dasar

Refleksi Hari Guru: Sapi Makan Martabak hingga Tak Bisa Matematika Dasar

Park Ribut dan Destril yang viral karena konten sapi makan martabak.-Instagram @Pak_Ributguru82-Instagram @Pak_Ributguru82

HARIAN DISWAY - Bertebaran konten pelajar yang tak bisa menjawab pertanyaan aritmatika dasar. Bahkan, ada pelajar SMP yang belum bisa membaca.

World Population Review mencatat, Indonesia berada di peringkat ke-127 dunia dalam rata-rata IQ, dengan skor 78,4. Mari kita renungkan hal itu di Peringatan Hari Guru Ke-30 pada 25 November 2024.

Konten ”pelajar kosong” itu makin ramai sebulan belakangan. Oktober lalu beredar video seorang guru mengajari siswa SMK kelas X cara membaca jam analog di Sumatera.

Video yang diunggah @sdts16 itu memicu perbincangan netizen yang heran dengan ketidakmampuan siswa tersebut.

Terlihat seorang guru yang menampilkan jam analog di papan tulis lewat proyektor. Ia menggambar garis yang menunjukkan pukul 10.12, tetapi siswa justru menjawab pukul 22.27.

BACA JUGA:30 Link Twibbon Hari Guru Nasional 2024 yang Menarik untuk Dibagikan di Media Sosial

BACA JUGA:50 Ucapan Hari Guru Nasional 2024, Ungkapan Terima Kasih untuk Para Guru

Guru kemudian memberikan tantangan untuk menggambar jarum jam sesuai waktu yang disebutkan: pukul 21.45.

Namun, siswa tersebut tampak bingung dan beberapa kali menghapus garis yang sudah digambar. Ending-nya, ia menggambar jarum pendek di angka 10 dan jarum panjang di angka 3. Masih salah.

Di Jawa pun sama. Juju Julaeha, guru kelas XII di Sumedang, mengunggah video di akun Instagram-nya, @Julaehaju, yang menunjukkan kesulitan siswa dalam menjawab soal pembagian.


Siswa Kelas XII yang diajar oleh Juju Juleha di Jawa Barat tak bisa menjawab pertanyaan pembagian.-Instagram @julaehaju-Instagram @julaehaju

Dalam video tersebut, siswa-siswi bergantian mencoba menjawab. Namun, hanya satu di antara mereka yang berhasil memberikan jawaban yang benar.

Soal yang diajukan, antara lain, 12:3, yang dijawab 2, dan 24:3, yang dijawab 3. Hanya satu siswa yang benar saat menjawab 25:5, sedangkan untuk soal 28:4, siswa menjawab 7.

Situasi itu mencerminkan tantangan yang dihadapi siswa dalam memahami konsep pembagian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: