Brand Sandal Lokal Kingman Jadi Bukti Mantan Pegawai Kantoran Bisa Sukses Berkarya bersama Shopee sebelum 30

Jangan pernah ragu memulai bisnis kapan pun. Buktinya Benny Wijaya dan Diswandy. Dua anak muda ini berhasil menemukan peluang jitu dengan memiliki brand sandal lokalnya sendiri, Kingman. --Istimewa
Di negara tropis seperti Indonesia, sandal menjadi pilihan alas kaki utama, tetapi sebagian besar produk yang beredar terlalu kasual dan terbatas penggunaannya.
Melihat peluang ini, mereka menciptakan sandal pria yang cocok dipakai dalam berbagai suasana, baik santai maupun semi-formal. Dengan desain yang clean dan elegan, Kingman percaya diri menyasar segmentasi pasar pria lintas generasi, mulai dari Gen Z, Millennial, hingga Gen X.
Saat memulai bisnisnya, Benny dan Diswandy melakukan studi pasar, mengembangkan rantai pasok, dan memproduksi seluruh produk secara mandiri di Jakarta Barat.
Benny bertanggung jawab atas sistem operasional dan keuangan, sementara Diswandy menangani logistik serta strategi pemasaran digital melalui Shopee.
Di dua tahun pertama, mereka menjalankan semua proses sendiri, mulai dari memotret produk, memproses pesanan, hingga membalas pesan pelanggan, semua dijalani sembari masih bekerja penuh waktu di kantor.
BACA JUGA: ShopeeFood Checkout Murah, Favorit Pengguna di Penghujung 2024
“Dengan waktu dan sumber daya terbatas, kami mengelola bisnis dari malam hingga dini hari, menyusun sistem kerja secara bertahap lewat proses trial & error. Konsistensi ini perlahan membuahkan hasil. Kingman kini berkembang menjadi brand mapan yang berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi 60 karyawan," kata Benny dan Diswandy.
"Kingman fokus mengurusi bagian produksi, distribusi, dan pemasaran. Berbagai produk unggulannya pun telah menjangkau berbagai wilayah di Indonesia dan dinikmati oleh beragam pengguna lintas generasi,” lanjut Benny mereka.
Bulan Ramadan momen emas, Kingman optimalkan kampanye dan fitur interaktif Shopee
Momentum bulan Ramadan yang menjadi waktu yang paling disyukuri Benny dan Diwsandy. Setiap tahunnya, momen ini menjadi puncak tertinggi penjualan produk-produk Kingman.
BACA JUGA: Shopee 12.12 Birthday Sale: Penjualan Brand Lokal dan UMKM Melonjak Hingga 7 Kali Lipat!
Banyak dari pesanan yang diterima dijadikan hampers atau hadiah keluarga. Keberhasilan ini tak lepas dari kecermatan mereka dalam melihat peluang untuk memanfaatkan panggung lebih yang dihadirkan Shopee melalui rangkaian kampanye belanja tematik.
Contohnya, pada momen kampanye Shopee Big Ramadan Sale tahun ini, Kingman sukses meraih lonjakan pesanan hingga 6 kali lipat dibanding hari biasa.
Cermat mengikuti tren belanja yang semakin dinamis, Kingman juga aktif memanfaatkan fitur interaktif, Shopee Live, sebagai kanal penjualan demi mendongkrak penjualan melalui pengalaman belanja yang lebih interaktif dan personal. --Istimewa
Cermat mengikuti tren belanja yang semakin dinamis, Kingman juga aktif memanfaatkan fitur interaktif, Shopee Live, sebagai kanal penjualan demi mendongkrak penjualan melalui pengalaman belanja yang lebih interaktif dan personal.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: