5 Minute Rule, Strategi Mengatasi Penundaan Pekerjaan

menunda pekerjaan adalah kebiasaan yang cukup umum. 5 minute rule bisa jadi strategi untuk mengatasinya.-Djelic S-Getty Images
HARIAN DISWAY - Menunda-nunda pekerjaan adalah kebiasaan yang kerap dilakukan banyak orang. Setiap orang memiliki alasan tersendiri di balik itu. Mulai dari rasa malas, kebingungan dalam memulai, atau bahkan kewalahan.
Penundaan pekerjaan atau disebut procrastination atau prokrastinasi, bisa menyebabkan beban mental. Pekerjaan akan semakin menumpuk jika semakin lama ditunda. Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan menerapkan strategi 5 minute rule.
5 Minute Rule
Strategi itu bisa dibilang cukup sederhana, tetapi bisa cukup ampuh untuk mendorong Anda keluar dari prokrastinasi. Cobalah untuk membuka pekerjaan Anda dan mengerjakannya selama lima menit saja.
BACA JUGA:Efek Zeigarnik, Cara Otak Menyimpan Pekerjaan yang Belum Usai
Aturan 5 menit itu berfungsi untuk mengelabui otak. Karena terkadang beban mental dari suatu pekerjaan terletak pada faktor memulainya.
Alih-alih overthinking karena sulit atau besarnya pekerjaan tanpa ada aksi nyata, Anda akan memulai pekerjaan tersebut. Karena otak Anda akan berpikir "hanya untuk lima menit saja".
Setelah waktu 5 menit berlalu, Anda boleh beristirahat atau berhenti. Tetapi, 5 menit tersebut bisa mengantarkan Anda ke flow state. Yakni ketika ide dan progres akan mengalir dengan mudah ke dalam pekerjaan Anda.
BACA JUGA:Cara Menyusun Jadwal Produktif Tanpa Mengorbankan Waktu Istirahat
Otak cenderung memperbesar rasa tidak nyaman ketika memulai suatu pekerjaan. Sehingga membuat Anda menundanya. Namun, begitu pekerjaan sudah dimulai, rasa tidak nyaman itu pun menghilang.
Inilah langkah praktis untuk menerapkan strategi 5 minute rule:
1. Pilihlah satu pekerjaan yang Anda tunda
Anda bisa memilih tugas sesuai dengan skala prioritas Anda. tugas yang Anda pilih tidak harus suatu tugas yang besar. Anda juga bisa mulai dengan tugas kecil.
BACA JUGA:Ini 5 Kebiasaan Positif Agar Anda Tetap Produktif Bekerja
2. Atur Timer untuk 5 menit
Mulailah untuk mengerjakan pekerjaan yang Anda tunda sebelumnya-Seventy Four-Getty Images
Setelah menyiapkan diri Anda untuk memulai pekerjaan, Anda bisa mengatur timer pada ponsel Anda untuk 5 menit. Juga jauhkan diri Anda dari hal-hal yang berpotensi untuk menjadi distraksi.
3. Mengerjakan Tugas
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: berbagai sumber