4 Hal yang Membuat Harga Barang di TikTok Shop Lebih Murah

TikTok Shop mempermudah untuk mencari suatu produk sekaligus membelinya.-ka iki-Getty Images
HARIAN DISWAY - TikTok Shop menjadi salah satu fenomena baru di dunia e-commerce Indonesia. Kehadirannya cukup menggemparkan. Karena platform itu berani menjual berbagai produk dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan platform belanja online lainnya.
Bahkan pada akhir 2023 lalu, TikTok Shop sempat ditutup sementara. Karena dianggap merugikan pelaku UMKM Indonesia.
Namun tak lama kemudian, layanan itu kembali beroperasi setelah resmi bermitra dengan GoTo (Gojek Tokopedia). Fenomena itu memunculkan pertanyaan besar, mengapa harga barang di TikTok Shop bisa begitu murah?
BACA JUGA:Tugas Baru Menkominfo dari Jokowi: Tertibkan Medsos yang Jadi E-commerce, TikTok Shop Termasuk?
Fakta Menarik TikTok Shop
1. Anda Membeli Langsung dari Sumbernya
Salah satu faktor utama harga barang di TikTok Shop bisa lebih murah dari platform lain adalah karena Anda membeli langsung dari produsen atau pemasok. Tanpa melalui banyak perantara.
Di e-commerce lain, produk biasanya melewati beberapa tahapan distribusi sebelum sampai ke tangan pembeli. Setiap tahap tentu menambah biaya.
Namun di TikTok Shop, banyak penjual yang merupakan produsen asli atau memiliki kerja sama langsung dengan pabrik. Alhasil, harga bisa ditekan lebih rendah.
BACA JUGA:TikTok Shop Comback! Gabung Tokopedia, Bagaimana Perbedaan Tampilannya?
2. TikTok Memberikan Subsidi Diskon
Sebagian besar diskon besar di TikTok Shop tidak sepenuhnya ditanggung oleh penjual. TikTok sendiri ikut menutupi sebagian biaya tersebut.
Strategi itu disebut “subsidi platform”. Yaitu ketika perusahaan rela mengeluarkan dana untuk menurunkan harga demi menarik lebih banyak pengguna.
Menurut laporan Reuters (2023), TikTok memang gencar mengalokasikan dana miliaran dolar untuk mengembangkan ekosistem e-commerce mereka.
BACA JUGA:ByteDance PHK 450 Karyawan Imbas Merger TikTok Shop dengan Tokopedia
3. Penjual Tidak Perlu Iklan Mahal
Di platform e-commerce tradisional, penjual sering kali harus mengeluarkan biaya iklan yang besar agar produk mereka terlihat oleh konsumen.
Namun, TikTok Shop berbeda. Banyak penjual memanfaatkan konten viral atau bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan barang mereka.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: