71 Tahun Universitas Airlangga: Transformasi Menuju Interpreneurial University
ILUSTRASI 71 Tahun Universitas Airlangga: Transformasi Menuju Interpreneurial University.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-
Ribuan makalah yang dibuat para dosen dan mahasiswa yang berasal dari laporan penelitian telah dimuat di berbagai jurnal internasional bereputasi.
Peran strategis perguruan tinggi tentu saja tidak boleh berhenti pada ranah penelitian dan konteks pengembangan ilmu pengetahuan.
Hal penting yang juga harus dilakukan adalah mendorong agar ilmu pengetahuan yang dihasilkan bisa diimplementasikan secara nyata untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia.
Pernyataan rektor Universitas Airlangga agar lembaga ini bisa menjadi interpreneurial university merupakan sebuah dorongan agar perguruan tinggi jangan hanya berkutat di dalam pagar kampus.
Perguruan tinggi harus mampu bertransformasi, menjadikan rumusan ilmu pengetahuan yang dihasilkan bisa diwujudkan menjadi produk nyata yang bermanfaat.
Interpreneurial university secara umum dipahami sebagai sebuah institusi yang melampaui pengajaran dan penelitian untuk secara aktif mendorong inovasi, mendukung penciptaan usaha baru, dan berkontribusi terhadap pembangunan sosial dan ekonomi.
Mengacu pada pengertian tersebut, selayaknyalah berbagai produk penelitian yang dilakukan Universitas Airlangga ditingkatkan menjadi produk massal yang bernilai ekonomi serta dimanfaatkan oleh masyarakat luas.
Dengan cara tersebut, perguruan tinggi tidak lagi hanya mendapatkan pemasukan keuangan dari masyarakat berupa pembayaran UKT. Pendapatan perguruan tinggi bisa ditambah dari penjualan produk berbasis penelitian.
Salah satu perguruan tinggi dunia yang berhasil menjadikan dirinya sebagai interpreneurial university secara nyata adalah Stanford University di San Jose, Amerika Serikat.
Perguruan tinggi swasta yang didirikan pada 1885 itu berhasil mendorong kawasan di mana perguruan tinggi tersebut berkedudukan menjadi kawasan bisnis terkemuka yang dikenal dengan nama Silicon Valey.
Silicon Valey merupakan pusat industri terkemuka yang mengembangkan produk-produk kreatif berkat hubungan baik perguruan tinggi dimaksud dengan dunia industri.
Silicon Valey saat ini berkembang menjadi pusat industri kreatif terkemuka di dunia yang mengembangkan produk-produk berbasis teknologi informasi. Beberapa perusahaan komputer, telekomunikasi, hiburan, dan perusahaan kreatif lainnya berkantor di kawasan itu.
Mereka membangun simbiosis mutualisme alias hubungan saling menguntungkan dengan berbagai perguruan tinggi yang dimotori Stanford University.
Stanford University pada awalnya juga mirip dengan Universitas Airlangga, fokus dalam bidang pengajaran dan penelitian. Namun, pimpinan perguruan tinggi itu kemudian berani mengambil risiko dengan menjadikan institusinya berperan ganda.
Satu sisi berperan mengembangkan ilmu pengetahuan, sisi lain menggerakkan bisnis. David Starr Jordan, presiden Stanford University pada tahun 1909, berinvestasi besar-besaran untuk pengembangan teknologi tabung hampa yang digunakan untuk radio dan televisi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: