Tak Jago Kandang, Wakil Indonesia Bisa Kompetitif di World Coffee Championships 2022

Kamis 30-06-2022,00:57 WIB
Reporter : Gunawan Sutanto
Editor : Gunawan Sutanto

Keberangkatan empat wakil Indonesia di ajang World Coffee Championships 2022 membuktikan para profesional di bidang kopi di tanah air tak sekadar jago kandang. Mereka kembali mengulang prestasi sebelum-sebelumnya. Yakni mampu kompetitif ketika bertarung di berbagai kompetisi yang ada di World Coffee Championships 2022.

Ada lima kompetisi yang dipertandingkan World Latte Art Championship yang digelar di Italia, 23-25 Juni 2022 lalu. Lima kompetisi itu ialah World Coffee in Good Spirits Championship, World Cup Tasters Championship, World Coffee Roasting Championship, dan Cezve/Ibrik Championship.

 

Perwakilan terbaik Indonesia turun hampir di seluruh kategori kecuali Cezve/Ibrik Championship. Restu Sadam Hasan bertanding di World Latte Art Championship, Shayla Philipa untuk World Coffee in Good Spirits Championship, Wisnu Aji untuk World Coffee Roasting Championship, dan Lonika Tay untuk World Cup Tasters Championship.

Empat orang dari Indonesia yang mengikuti kompetisi World Coffee Championships (WCC) itu merupakan pemenang Indonesia Coffee Event (ICE) 2021, yang digelar oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI).

Adapun WCC mempertandingkan lima kompetisi yang diikuti peserta dari berbagai negara. Mulai dari Amerika, Australia, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Thailand, Italia, Kanada, Malaysia, dan masih banyak lagi.

Sebelum bertolak ke Milan, keempatnya telah melaksanakan berbagai persiapan yang digelar SCAI demi unjuk gigi maksimal di WCC.


Shayla Philipa (kiri) bersama finalis WCiGSC lainnya.-Instagram: @worldcoffeechampionships-

Persiapan yang mereka lakukan terbukti membuahkan hasil sebab hampir seluruh wakil yang diberangkatkan sukses menorehkan hasil memuaskan. Indonesia berhasil menempati posisi tiga teratas pada dua dari empat kategori yang diikuti, yakni World Coffee in Good Spirits Championship dan World Coffee Roasting Championship.

Sementara untuk kategori World Cup Tasters Championship dan World Latte Art Championship masing-masing berhasil mencapai babak semifinal dan babak eliminasi awal. Lonika pada babak semifinal mampu menebak empat gelas benar dari delapan.


Wisnu Aji (kanan) juara tiga World Coffee Roasting Championship.-Instagram: @worldcoffeechampionship-

Hasil terbaik Indonesia pada kategori World Cup Tasters Championship adalah posisi ke delapan. Kemudian perwakilan untuk kategori World Coffee Roasting Championship Aji berhasil menyabet piala juara tiga, dirinya sukses mengungguli kompetitor dari Yunani.(*)

Kategori :