Psikolog Asing Bikin Konseling Gratis Atasi Trauma Penyintas Tragedi Itaewon

Sabtu 05-11-2022,01:29 WIB
Reporter : Vira Amelia
Editor : Doan Widhiandono

KEJADIAN mengenaskan pada Sabtu, 29 Oktober 2022, itu menyisakan trauma bagi para penyintas. Bagaimana tidak? Kondisi pada saat itu sungguh kacau balau. Beberapa ada yang mengalami luka-luka. Korban tewas yang jumlahnya mencapai ratusan orang. 

Rasa trauma itu salah satunya dialami oleh pekerja kantoran asal Brasil, Paula Nascimento. Ia depresi setelah melihat secara langsung situasi mengerikan di malam perayaan Halloween itu. 

“Pikiran saya terus melayang ketika saya melihat penyelamat darurat dan warga melakukan CPR pada orang-orang yang terbaring tak sadarkan diri di jalan. Yang paling menakutkan bagi saya adalah wajah para remaja di kerumunan yang berteriak minta tolong,” kata Nascimento.

BACA JUGA:Empat Jam Neraka Itaewon

Tak jauh dari tempat kejadian telah didirikan sebuah posko darurat. Tujuannya adalah untuk menawarkan konseling gratis bersama dengan tenaga profesional kesehatan mental. Sayangnya, para profesional di layanan konseling itu hanya bisa berbahasa Korea.

Namun, warga negara asing yang masih tinggal di Korea tak perlu risau. Karena mereka bisa mengunjungi layanan konseling berbahasa Inggris seperti Adaptable Human Solutions yang lokasi persisnya berada di dekat Stasiun Gongdeok, Seoul. 

Mulai minggu depan, psikolog asal Inggris, yakni dr Jill Dunbar, akan memimpin sesi konseling tersebut. Setiap Rabu, empat sesi konseling akan ditawarkan sehingga para pasien bisa membagikan pengalaman traumatis serta rasa khawatir berlebih yang mereka rasakan. Kuota setiap sesi hanya bisa diisi maksimal dua puluh orang.

Menurut Dunbar, seseorang yang mengalami trauma bisa membagikan seluruh pengalaman traumatisnya kepada orang-orang yang memiliki pengalaman serupa. Karena kata-kata yang keluar dari mulut mereka dapat membantu seseorang mengalahkan trauma dan tekanan emosional.

Jika dibiarkan, seseorang yang mengalami trauma bisa merasa terkungkung dan kesepian. Oleh sebab itu, rasa trauma tak boleh dibiarkan begitu saja apalagi disepelekan.

Mindful Seoul yang tertelak di Seolleung, Seoul Selatan, juga bisa menjadi pilihan bagi warga negara asing maupun penduduk lokal yang bisa berbahasa Inggris untuk mendapatkan layanan konseling. Tenaga profesional yang akan menangani para pasiennya adalah Adrian Dezwart, psikolog asal Kanada. 

“Dampak jangka panjang dari situasi seperti bencana Itaewon dapat merusak kesehatan mental seseorang jika tidak dikelola secara efektif,” jelas Dezwart. “Sangat penting bagi mereka yang terkena dampak dari insiden ini untuk didengar dan didukung selama masa yang penuh tantangan ini,” imbuhnya. Menurut Dezwart, membantu orang-orang yang terkena dampak dari tragedi Itaewon sudah menjadi bagian dari tanggung jawabnya. (Vira Amelia)

Kategori :