Banyak Pelamar Kerja di Kota Pasuruan Mundur karena Penempatan Luar Kota

Jumat 11-11-2022,14:02 WIB
Reporter : Lailiyah Rahmawati
Editor : Yusuf Ridho

PASURAUAN, HARIAN DISWAY - Menjadi ironi ketika banyak pelamar kerja yang sudah mendapatkan kesempatan kerja malah mengundurkan diri. Apalagi, mereka mundur karena enggan ditempatkan di luar kota.

Hal itulah yang terjadi di Kota Pasuruan. Pada pelaksanaan job fair September lalu, didapati banyak perusahaan yang melakukan pemanggilan lanjutan kepada para pelamar kerja yang mengirimkan lamaran. Sayangnya, banyak pelamar kerja yang ternyata tidak menanggapi pangilan perusahaan tersebut.

”Iya, benar. Banyak pelamar kerja justru mundur setelah tahu penempatan di luar Kota Pasuruan,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pasuruan Mahbub Efendi, Jumat, 11 Novemver 2022, di kantornya.

Mahbub mengungkapkan, fenomena tersebut cukup mengagetkan lantaran banyak pelamar yang diterima kerja oleh sejumlah perusahaan seperti perbankan.

”Bank Mandiri kemarin menyaring ada 10 orang yang dipanggil, tapi hanya 2 yang memenuhi panggilan. Lainnya tidak bersedia dengan alasan tidak mau ditempatkan di luar kota,” jelas Mahbub.

Melihat fenomena itu, Mahbub cukup menyayangkan iktikad para pelamar karena berdampak pada kepercayaan perusahaan nantinya.

”Padahal, penempatan luar kota itu bisa hanya sementara atau proses pendidikan, tapi para pencari kerja langsung menolak,” ujar Mahbub.

Pada job fair Kota Pasuruan tersebut, setidaknya ada 5 ribuan pencari kerja yang mengirimkan lamaran kepada ratusan perusahaan yang berpartisipasi. (*)

 

Kategori :