Fun Edutainment SD Pembangunan Jaya Bangun Karakter Siswa

Jumat 11-11-2022,15:24 WIB
Reporter : Michael Fredy Yacob
Editor : Visa

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Outbound bukan sekadar bermain. Kegiatan tersebut adalah sarana untuk membangun karakter (character building) anak. Karena itulah SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo setiap tahun mengagendakan outbound bagi para siswa. 

Kegiatan yang dinamakan Fun Edutainment itu digelar secara bergiliran pada 8-9 November 2022 di Royal Caravan Hotel & Outbound, Trawas, Mojokerto. Untuk kelas 1-3 dilaksanakan pada 8 November 2022. Sedangkan kelas 4-6 pada 9 November 2022. Total 310 siswa. "Ini menjadi agenda rutin tahunan sekolah kami mengingat tujuan yang ingin dicapai sangat penting dalam pembentukan karakter siswa," ujar Ririn Indriyanti, kepala SD Pembangunan Jaya 2, Sidoarjo. 

Koordinator Pelaksana Fun Edutainment San Ilman Adi Wibowo mengatakan, ada banyak manfaat dari kegiatan tersebut. "Bisa meningkatkan rasa percaya diri dan membuka wawasan baru dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial serta bekerja sama dengan orang lain," kata Adi–sapaan San Ilman Adi Wibowo.


Permainan dalam Fun Edutainment melatih siswa untuk bekerja sama.-Foto: Sekolah Pembangunan Jaya-

Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PJOK) itu menambahkan, outbound yang dilakukan melatih siswa untuk mandiri serta kreatif dalam memecahkan masalah dan pengambilan keputusan. Aktivitas yang dijalani siswa antara lain race ball, save the boom, pipe line, pipa bocor, dan building block. "Siswa juga belajar berkomunikasi secara efektif dan menggali potensi diri yang belum disadari," jelasnya.

Melalui game-game itu tumbuh keterbukaan sikap dalam memberi dan menerima umpan-balik (feedback). Juga melatih siswa memiliki komitmen terhadap tujuan dengan antusias, saling memberi informasi, dan pengalaman.


Para siswa SD Pembangunan Jaya 2 berkonsentrasi agar air dalam gelas tidak tumpah.- Foto: Sekolah Pembangunan Jaya-

Para siswa memang terlihat bersemangat selama seharian penuh mengikuti outbound. "Senang banget. Seru sih. Instrukturnya juga baik-baik. Pengin outbound lagi," ujar Sean Basudewa, ketua kelas 4A SD Pembangunan Jaya 2. 

Hal itu dibenarkan Ach. Yusuf Alghofar, guru SD Pembangunan Jaya 2. Ia merasa bahagia melihat anak-anak sangat berapi-api dari awal hingga akhir. "Bahkan setelah outbound tidak ada yang merasa kecapaian. Di bus mereka bernyanyi bersama sampai tiba di sekolah," ujar Yusuf. (*)


Keceriaan siswa SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo mengikuti setiap game. --Foto: Sekolah Pembangunan Jaya


Instruktur Fun Edutainment memberikan arahan kepada siswa sebelum memulai aktivitas. -Sekolah Pembangunan Jaya-

Kategori :